Menpora Disambut Tarian Gatsi di Mopah Merauke

Menpora Disambut Tarian Gatsi di Mopah Merauke
Menpora Imam Nahrawi bersama istrinya Shobibah Rohmah beserta rombongan tiba di Bandar Udara Internasional Mopah, Merauke. Foto: Bagus/kemenpora.go.id

jpnn.com, MERAUKE - Menpora Imam Nahrawi bersama istrinya Shobibah Rohmah beserta rombongan tiba di Bandar Udara Internasional Mopah, Merauke, Papua dengan mengunakan pesawat Batik Air, Senin (22/7) pagi pukul 07.30 WIT.

Kedatangan rombongan Menpora disambut Bupati Merauke Frederikus Gebze beserta jajarannya dan para pejabat Kemenpora.

Penyambutan dilakukan di depan ruang VVIP dengan pengalungan bunga serta tarian selamat datang. Setelah saling sapa dengan kalimat penyimpul dan ucapan selamat datang, Bupati Merauke menyematkan simbol-simbol adat berbentuk kalung adat dan Mahkota Burung Cenderawasih Asli Etnik Papua.

Proses adat berlanjut, Menpora dan rombongan berjalan menuju ruang VVIP sambil diiringi tarian Gatsi dengan musik dan lagu-lagu adat Merauke yang membuat suasana menjadi semarak. Tampak muda-mudi asli Merauke dengan busana khas daerah yang eksotis mermperagakan gerakan tari adat yang indah seirama dengan musik gendang Tifa. Ini adalah wujud suka cita masyarakat Merauke menyambut kehadiran tamu terhormat yang datang ke Kota Merauke.

BACA JUGA: Menpora Ajak Atlet dan Ofisial Sujud Syukur Tanda Berserah Diri kepada Allah SWT

Melihat antusiasme muda-mudi Merauke menarikan Gatsi, Menpora tak bisa menahan diri untuk ikut menggoyangkan badannya. Dia pun meminta kepada para penari untuk menari. Dia pun seketika ikut menari bersama para penari yang menyambutnya. "Ayo menari lagi," ucap Menpora sambil ikut menari. Tawa pun menghiasi wajah Menpora yang asyik menari bersama.

Menpora pun mengaku bahwa kedatangan ke Merauke ini karena di sinilah tempat dimulainya program nasional Gowes Nusantara 2019. "Kunjungan saya ini karena Merauke terpilih untuk dimulainya program nasional sebagai tindak lanjut dari Instruksi Presiden yaitu Gowes Nusantara. Program ini merupakan kegiatan bersepeda dari Merauke ke Sabang. Ini sebuah program besar untuk menyatukan kita dari perbedaan lewat sepada," ujarnya.

"Selebihnya, saya akan melihat nanti persiapan Merauke sebagai salah satu tuan rumah Pekan Olahraga Nasional (PON) 2020. Saya bersama bupati akan melihat persiapan venue-venue dan saya yakin pasti persiapan sudah sangat bagus," tambahnya.

Dia melanjutkan, Merauke juga merupakan daerah yang sangat potensial melahirkan banyak atlet. Baik itu atlet atletik, renang, tinju dan sebagainya.

"Ini kesempatan saya juga untuk memastikan bahwa Merauke ke depan harus menjadi destinasi olahraga, apalagi Merauke menjadi salah satu tempat pertandingan PON 2020. "Itu saya kira akan banyak mendorong munculnya atlet berprestasi, " tutupnya. (adv/jpnn)


Menpora tak bisa menahan diri untuk ikut menggoyangkan badannya. Dia pun meminta kepada para penari untuk menari.


Redaktur & Reporter : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News