Menpora Ikuti Prosesi Penyerahan Tanah Air di Kutai Kartanegara

Menpora Ikuti Prosesi Penyerahan Tanah Air di Kutai Kartanegara
Menpora Imam Nahrawi menerima tanah air dari sesepuh Kedaton Kutai Kartanegara. Foto: Amjad/JPNN

jpnn.com, KUTAI KARTANEGARA - Menpora Imam Nahrawi mengikuti prosesi sakral penyerahan tanah dan air dari bumi Kutai Kartanegara, Kaltim kepada pemerintah dalam hal ini Kemenpora, di Kedaton Kutai Kukar, Tenggarong, Senin (12/6) siang.

Dalam prosesi tersebut, Kedaton pemerintah daerah Kukar diwakili oleh Bupati Rita Widyasari. Namun, dia kemudian meminta kepada sesepuh dari Kedaton, untuk memimpin prosesi upacara tersebut secara adat.

Penyerahan tanah air itu menjadi bagian dari kunjungan kerja Menpora ke Kukar, selain untuk melepas Gowes Nusantara yang digelar pada Minggu (11/6) sore.

Tanah air tersebut nantinya akan disatukan dengan tanah dan air lainnya dari ratusan kota yang disinggahi oleh program Gowes Pesona Nusantara di 34 provinsi yang ada di Indonesia.

Setelah disatukan, tanah air tersebut akan disatukan dan dibangunkan sebuah monumen di Gunung Tidar, Magelang, Jawa Tengah dalam perayaan puncak Hari Olahraga Nasional (Haornas) pada 9 September mendatang.

"Kami serahkan tanah air ini untuk disatukan dengan tanah air lainnya dari Bumi Indonesia, untuk meneguhkan kesatuan dan tekad keras dari seluruh elemen bangsa ini untuk menjaga NKRI," ujar sesepuh Kedaton.

Menpora Imam Nahrawi dengan mata berkaca-kaca kemudian menerima tanah air yang telah dimasukkan dalam kendi.

"Saya terima tanah ini, kami akan satukan dengan tanah dari provinsi lain, untuk menegaskan, bahwa di tengah rongrongan dari pihak yang ingin memecah belah NKRI, kami lakukan upaya ini, untuk membangun monumen dan menegaskan bahwa kami anak bangsa Indonesia, ingin menguatkan dan menjaga keutuhan NKRI," tandasnya. (dkk/jpnn)


Menpora Imam Nahrawi mengikuti prosesi sakral penyerahan tanah dan air dari bumi Kutai Kartanegara, Kaltim kepada pemerintah dalam hal ini Kemenpora,


Redaktur & Reporter : Muhammad Amjad

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News