Menpora Pilih Sumut Menjadi Salah Satu Sentra Pembinaan Atlet

Menpora Pilih Sumut Menjadi Salah Satu Sentra Pembinaan Atlet
Menpora Zainuddin Amali didampingi Gubernur Sumut Edy Rahmayadi dan Wakil Gubernur Sumut Musa Rajekshah saat acara sosialisasi Perpres Nomer 86 Tahun 2021 tentang Desain Besar Olahraga Nasional (DBON) di Ballroom Fourpoint Hotel Jalan Gatot Subroto Medan, Sabtu (4/12). Foto: Finta Rahyuni/JPNN.com

jpnn.com, MEDAN - Kementerian Pemuda dan Olahraga (Kemenpora) memilih Sumatera Utara (Sumut) menjadi salah satu daerah sentra pembinaan olahraga.

Selain Sumut, ada sembilan daerah lainnya yang terpilih menjadi sentra pembinaan olahraga, yakni Jakarta, Jawa Barat, Jawa Tengah, dan Jawa timur.

Selanjutnya Sumatera Selatan, Sulawesi Selatan, Kalimantan Timur, NTB dan Papua.

Kesepuluh daerah itu masuk dalam Desain Besar Olahraga Nasional (DBON) dengan payung hukum Perpres Nomor 86 Tahun 2021.

"Sumut adalah daerah ketujuh yang kami datangi dan masih ada tiga lagi," kata Menpora Zainuddin Amali saat sosialisasi Perpres Nomor 86 Tahun 2021 di Hotel Four Point, Jalan Gatot Subroto, Medan, Sabtu (4/12).

Amali mengatakan pemilihan daerah sentra pembinaan olahraga tidak sembarang. Ada kriteria-kriteria tertentu yang telah dirumuskan oleh pakar-pakar olahraga.

"Kenapa pilihannya Sumut, karena kami melihat sejarah bahwa Sumut menjadi penyumbang atlet-atlet nasional. Banyak atlet-atlet yang berkiprah di tingkat internasional berasal dari Sumut," kata Zainuddin.

Politisi Partai Golkar itu menyebut melalui DBON masing-masing daerah akan memiliki panduan dalam menghasilkan bibit-bibit atlet unggul secara sistematis dari tingkatan Provinsi, Kabupaten/Kota, Kecamatan hingga struktur yang paling kecil.

Kemenpora memilih Sumatera Utara (Sumut) menjadi salah satu daerah sentra pembinaan olahraga.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News