Menpora Sebut PON XX Tunjukkan Perkembangan Pesat Papua

Menpora Sebut PON XX Tunjukkan Perkembangan Pesat Papua
Menpora Amali dengan latar belakang Istora di kompleks Stadion Lukas Enembe. Foto: Amjad/JPNN

jpnn.com, JAYAPURA - Menpora Zainudin Amali mengaku Papua telah menunjukkan perkembangan pesat terutama dalam hal pembangunan. Fasilitas yang bagus dan berstandar internasional di ajang PON XX Papua menjadi salah satu buktinya.

Menpora yang sudah berkantor di Jayapura sejak 2 Oktober lalu, menyebut PON menjadi sarana dari pemerintah setempat untuk menegaskan betapa majunya Papua saat ini.

Tidak ada lagi kesan pembangunan yang tak merata karena nyatanya PON XX Papua bisa membuktikan kondisi terkini provinsi paling timur di Indonesia tersebut.

"Kalau membandingkan dahulu dan sekarang, sangat pesat perkembangannya," kata Amali, di Papua.

Politikus senior Partai Golkar tersebut menegaskan bahwa komitmen pemerintah untuk membangun Papua selama ini sangat besar. Banyak sarana dan prasarana yang dibangun, kini menjadikan Papua semakin berkembang.

"Paling tidak, ukuran PON XX Papua ini, begitu luar biasa perhatian Bapak Presiden Joko Widodo. Beliau mengarahkan kementerian/lembaga untuk membantu pemerintah derah (Pemda) khususnya pembangunan sarana dan prasarana," terang Amali.

Meskipun terletak cukup jauh dari Jakarta, pelaksanaan PON XX Papua di empat klaster venue di Kota Jayapura, Kabupaten Jayapura, Kabupaten Mimika, dan Merauke telah menunjukkan besarnya komitmen pemerintah pusat untuk melakukan pemerataan pembangunan.

Pantauan JPNN, venue-venue dan akses jalan yang dibangun menuju lokasi pertandingan memang cukup apik. Bukan itu saja, penduduk asli di sana juga merasa bahagia karena PON menunjukkan kepada daerah-daerah lain di Indonesia bahwa Papua sudah layak menggelar even olahraga tingkat nasional lainnya.

PON XX Papua menunjukkan kepada provinsi lain di Indonesia perkembangan pembangunan di Bumi Cendrawasih

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News