Menristek Bambang: 10 Ribu Rapid Test Kit Corona Siap Diluncurkan

Menristek Bambang: 10 Ribu Rapid Test Kit Corona Siap Diluncurkan
Menristek/Kepala BRIN Bambang Brodjonegoro Negatif Covid-19. Foto: Humas Kemenristek BRIN

jpnn.com, JAKARTA - Menteri Riset dan Teknologi/Kepala Badan Riset dan Inovasi (BRIN) Prof. Bambang Permadi Soemantri Brodjonegoro, mengatakan dalam waktu dekat pemerintah akan meluncurkan 10 ribu rapid test kit corona.

“Kemenristek dalam melaksanakan dan mengintegrasikan kegiatan penelitian, pengembangan, pengkajian dan penerapan (litbangjirap) berupaya merespons kebutuhan mendesak penanganan Covid-19. Ditargetkan pekan depan 10 ribu rapid test kit selesai di produksi,” terang Menteri Bambang di Jakarta, Senin (4/5).

Menteri Bambang menjelaskan saat ini rapid test kit sedang dalam tahapan produksi massal yang dikerjakan oleh konsorsium riset BPPT dengan Univeristas Airlangga dan Universitas Gadjah Mada.

Lebih lanjut, rapid test ini mendeteksi virus menggunakan antibodi IgG dan IgM yang ada di dalam darah.

Selain itu, Menteri Bambang, menyampaikan saat pengembangan obat dan vaksin untuk virus corona terus dilakukan oleh Biofarma, Litbangkes, dan Lembaga Eijkman di mana saat ini dalam tahapan uji klinis.

Tim konsorsium juga melakukan penelitian terkait pemanfaatan plasma darah pasien yang sembuh Covid-19, untuk diberikan sebagai terapi kepada pasien Covid dengan kondisi berat.

Menteri Bambang berharap dengan upaya ini dapat meningkatkan angka kesembuhan pasien Covid-19 di Indonesia.

Selanjutnya, Menteri Bambang menyampaikan ventilator yang dikembangkan oleh BPPT bersama Univeristas Indonesia, Institut Teknologi Bandung, serta mitra swasta PT Dharma, dalam tahapan uji ketahanan oleh Badan Pengamanan Fasilitas Kesehatan (BPFK) Kementerian Kesehatan.

Menristek Bambang Brodjonegoro, mengatakan dalam waktu dekat pemerintah akan meluncurkan 10 ribu rapid test kit corona.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News