Selasa, 21 Mei 2019 – 19:39 WIB

Menristekdikti: Pembangunan Pendidikan Berkualitas jadi Target SDGs

Kamis, 02 Mei 2019 – 19:13 WIB
Menristekdikti: Pembangunan Pendidikan Berkualitas jadi Target SDGs - JPNN.COM

jpnn.com, DEPOK - Puncak peringatan Hari Pendidikan Nasional Kemenristekdikti dipusatkan di Universitas Indonesia (UI), Depok.

Menristekdikti Mohamad Nasir saat memimpin upacara mengatakan, kondisi dunia yang terus berkembang dan semakin kompleks dengan adanya revolusi perangkat lunak menuntut pergeseran sistem pendidikan tinggi.

“Jumlah penelitian dan publikasi ilmiah di tingkat nasional maupun internasional harus diperbanyak. Prestasi mahasiswa di tingkat internasional harus ditingkatkan ini agar masuk dalam rangking 500 universitas terbaik dunia,” terang Menteri Nasir saat memberikan sambutan pada upacara peringatan Hardiknas di Kampus UI, Kamis (2/5).

Dia menjelaskan ciri pendidikan tinggi yang maju adalah pengembangan berbagai jenis online education, MOOCs (massive open online courses), hingga cyber university. Beberapa kampus di Indonesia malah sudah menyediakan berbagai mata kuliah baru seperti big data, analytics, entrepreneurship dan lain-lain.

BACA JUGA: Miliki Fasilitas Baru, UI Perkuat Riset Politik dan Sosial

Menteri Nasir mengajak untuk meningkatkan daya saing para dosen, tenaga kependidikan dan mahasiswa perguruan tinggi melalui literasi data, teknologi, dan manusia.

"Pembangunan pendidikan berkualitas juga merupakan salah satu target pembangunan berkelanjutan atau Sustainable Development Goals (SDGs) untuk mendorong kesejahteraan semua kalangan. Salah satu langkah yang dilakukan di antaranya adalah membangun SDM berkualitas yang memiliki pengetahuan dan skill yang relevan termasuk technical and vocational skills," bebernya.

Dia melanjutkan, upacara ini menjadi momentum refleksi dan mengukur langkah ke depan. Bagaimana pendidikan tinggi mampu menjawab tantangan dan merealisasikan peluang tersebut. (esy/jpnn)

SHARES
Sponsored Content
loading...
loading...
Komentar