Mensos Sampai Utus Tim Temui Pasangan Beda Usia, Rohaya-Slamet

Mensos Sampai Utus Tim Temui Pasangan Beda Usia, Rohaya-Slamet
Rohaya (71) dan Slamet (16) saat di temui di Hotel Batica Palembang ,(10/7). Foto: Kris Samiaji/Sumatera Ekspres/JPNN.com

jpnn.com, JAKARTA - Menteri Sosial Khofifah Indar Parawansa prihatin dengan pernikahan beda usia antara Slamet Riyadi (16) dan Rohaya (71).

“Bukan karena perbedaan usia tetapi bahwa salah satu dari yang menikah itu (Slamet) ternyata masih usia anak,” ujar Mensos dalam acara Halal Bihalal dan Peringatan Hari Anak Nasional 2017 oleh PP Muslimat NU, di kawasan Kalibata, Jakarta, Minggu (16/7).

Dia menyebutkan aturan tentang pernikahan sudah diatur dalam UU Nomor 1/1974 yang mana dalam ketentuan tersebut seorang laki-laki yang akan menikah harus berusia minimal 19 tahun.

“Nah ternyata si Slamet ini usianya masih 16 tahun,” sesal Mensos.

Dia kemudian mengutus Satuan Bakti Pekerja Sosial (Saktipeksos) untuk mengunjungi pasangan tersebut.

Mensos ingin mengetahui apa yang sebenarnya terjadi dari pernikahan yang informasinya dia terima dari sosial media.

“Saya mendapatkan copy dari pernyataan apakah dari Pak Urip (kakak nenek Rohaya) atau dari Slamet sendiri yang sudah menyatakan bahwa mereka memang sudah menikah di bawah tangan,” jelasnya.

Mensos juga meminta tim Saktipeksos untuk memberikan arahan pada Slamet untuk mau melanjutkan kembali pendidikannya yang terputus.

Menteri Sosial Khofifah Indar Parawansa prihatin dengan pernikahan beda usia antara Slamet Riyadi (16) dan Rohaya (71).

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News