Mental Anda Sudah Lelah Menghadapi Pandemi Covid-19? Simak Kata Dokter Natalia

Mental Anda Sudah Lelah Menghadapi Pandemi Covid-19? Simak Kata Dokter Natalia
Natalia Widiasih Raharjanti. Foto: tangkapan layar YouTube BNPB Indonesia

jpnn.com, JAKARTA - Banyak faktor yang memicu masyarakat letih secara mental menghadapi pandemi Covid-19. Apalagi, wabah yang berjangkit serempak di mana-mana ini sudah berlangsung sepuluh bulan lebih.

"Itu bisa terjadi kepada siapa pun. Apalagi, pandeminya sudah berlangsung sepuluh bulan lebih," kata Kepala Divisi Psikiatri Forensik sekaligus Ketua Prodi Spesialis Kedokteran Jiwa Fakultas Kedokteran Universitas Indonesia Rumah Sakit Cipta Mangunkusumo (FKUI-RSCM), dr. Natalia Widiasih Raharjanti dalam acara bincang-bincang bersama Satgas Covid-19 di Graha BNPB, Jakarta, Senin (11/1).

Dokter Natalia mengatakan pandemic fatique atau keletihan secara mental akibat pandemi merupakan respons yang sangat normal dan bisa terjadi kepada siapa saja, terlebih karena pandemi yang telah menimbulkan banyak masalah dan membatasi banyak aktivitas masyarakat itu telah berlangsung lama.

Secara umum, orang-orang memang mengalami keletihan secara mental akibat pandemi yang berkepanjangan.

Keletihan itu sebenarnya dipengaruhi oleh banyak faktor, salah satunya adalah dari sudut pandang bagaimana seseorang itu memosisikan situasi bencana yang sedang ia hadapi.

"Jadi pandemic fatigue itu juga dipengaruhi bagaimana seseorang itu memosisikan situasi bencana yang sedang dijalani. Apakah karena situasi yang berkepanjangan dan enggak tahu selesainya kapan. Selain itu, kok ternyata di sekitar, di lingkungan, datanya makin lama makin cuek," katanya.

Pandangan seseorang terhadap situasi yang sedang ia hadapi dapat memengaruhi kondisi orang tersebut secara mental.

Karena itu, bagaimana orang itu melihat situasi yang sedang terjadi dapat juga menyebabkan orang tersebut mengalami keletihan secara mental.

Pandemic fatique atau keletihan secara mental akibat pandemi merupakan respons yang sangat normal dan bisa terjadi kepada siapa pun.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News