Mentan Dorong Produktivitas Kopi Jember Meningkat

Mentan Dorong Produktivitas Kopi Jember Meningkat
Menteri Pertanian Andi Amran Sulaeman. Foto: Humas Kementan

jpnn.com, JEMBER - Menteri Pertanian Andi Amran Sulaiman mendorong produktivitas kopi di Jember, Jawa Timur, meningkat. Menurut Amran, saat ini produktivitas kopi di Jember sangat rendah yaitu 0,6 ton per hektare per tahun.

"Kami ingin tingkatkan menjadi dua ton per hektare per tahun," kata Amran saat meninjau perkebunan kopi rakyat di Jember, Rabu (23/5).

Amran melihat petani Jember tidak fokus menggarap lahannya sehingga produktivitas dan kualitas kopi tidak terjaga. Padahal, meski tidak dirawat dengan baik, kopi Jember terkenal di dunia.

"Agroklimatnya cocok untuk kopi. Bayangkan kalau kopi ini digarap serius. Nanti kami akan beri bibit unggul di sini," kata Amran.

Sementara itu, Bupati Jember Faida menyatakan, pihaknya siap mengembangkan kopi di daerahnya. Farida mengaku akan mencari lahan untuk digarap serius bersama Kementan.

"Kami akan cari lahan tidur untuk menambah luas tanam. Kalau lahan yang ada, kami tingkatkan produksinya," ujar Faida.

Sejauh ini, kata dia, Pemkab Jember telah melakukan berbagai upaya untuk meningkatkan produksi dan kualitas kopi. Di antaranya, membina petani dan melatih barista.

Faida menambahkan, ada 241 ribu petani kopi rakyat di Jember. Luas tanam setiap petani 0,3 hektare.

Amran melihat petani Jember tidak fokus menggarap lahannya sehingga produktivitas dan kualitas kopi tidak terjaga.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News