Mentan, Mendag, dan Menteri BUMN Lepas Ekspor Produk Pertanian Jatim Senilai Rp 140 Miliar

Mentan, Mendag, dan Menteri BUMN Lepas Ekspor Produk Pertanian Jatim Senilai Rp 140 Miliar
Mentan, Mendag, dan Menteri BUMN lepas impor produk pertanian Jatim senilai Rp 14 miliar.

jpnn.com, GRESIK - Menteri Pertanian (Mentan) Syahrul Yasin Limpo bersama Menteri Perdagangan (Mendag) Muhammad Lutfi dan Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Erick Thohir melepas ekspor produk pertanian asal Provinsi Jawa Timur (Jatim) senilai Rp 140 miliar.

Pada pelepasan ekspor tersebut, turut hadir Gubernur Jawa Timur (Jatim), Khofifah Indar Parawansa.

Mentan Syahrul menilai ekspor yang dilepas dari Jatim cukup besar,

"Saya kira apa yang dilakukan Gubernur Jawa Timur kami bertiga dari pertanian, perdagangan maupun BUMN siap untuk terus mendukungnya," ujar Syahrul di Teluk Lamong, Jumat(12/3).

Menurut dia, secara nasional pada saat yang sama, Kementan melalui Badan Karantina Pertanian telah melakukan fasilitasi sertifikasi ekspor terhadap 81,3 ribu ton komoditas pertanian dengan nilai mencapai Rp 1,264 triliun. Syahrul menyebut, kontribusi terbesar asal sub sektor perkebunan sebesar 78,9 persen dan diikuti masing-masing asal sub sektor tanaman Pangan, peternakan dan hortikultura.

"Tetapi yang ditempat ini yakni di Teluk Lamong produk pertanian asal Provinsi Jawa Timur yang kami lepas senilai Rp 140,03 miliar dengan total volume 5,4 ribu ton dan 757 batang ke dua belas negara tujuan sekaligus,"ujar Syahrul

Syahrul menambahkan, produk pertanian yang diekspor antara lain berupa sarang burung walet, pakan ternak, premik, cicak kering, lipan kering, kelapa bulat, cacao powder, cacao butter, kopi biji dan cengkeh.

Lebih lanjut, Syahrul mengatakan sesuai arahan Presiden Jokowi, sinergi lintas kementerian harus di tingkatkan sebagai langkah strategis dalam percepatan pemulihan ekonomi nasional.

Jajaran tiga menteri dari Kementan, Kemendag dan BUMN melepas ekspor produk pertanian Jatim senilai Rp 140 miliar. Simak selengkapnya!

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News