Mentan Minta UPT untuk Mengoptimalkan Lahan dan Kebun Percobaan

Mentan Minta UPT untuk Mengoptimalkan Lahan dan Kebun Percobaan
Menteri Pertanian Andi Amran Sulaiman. Foto: Humas Kementan

jpnn.com, JAKARTA - Menteri Pertanian (Mentan) Andi Amran Sulaiman meminta Unit Pelaksana Teknis (UPT) lingkup Kementerian Pertanian (Kementan) harus mampu membangunkan atau mengoptimalkan lahan pertanian dan kebun percobaan sehingga menjadi contoh dalam membangun pertanian 4.0. Dengan demikian, sektor pertanian Indonesia akan semakin maju dan menjadi lumbung pangan dunia semakin optimistis diwujudkan.

“Bapak-Ibu, kenapa tiba-tiba aku panggil, kami keliling ke seluruh Indonesia, kami ingin Anda menjadi agen pembaharu di tempat Anda dan menjadi teladan,” kata Mentan Amran dalam Rapat Koordinasi Unit Pelaksana Teknis Lingkup Kementan yang mengangkat tema "Sinergi Membangun Pertanian 4.0" di Kantor Pusat Kementan, Jakarta, Senin (27/5/2019).

BACA JUGA: Mentan Garap Lahan Rawa dengan Strategi Brigade Alat dan Mesin

“Kami membayangkan seluruh UPT se-Indonesia ramai dikunjungi orang di sekitarnya, jadi betul-betul memberi nilai tambah kepada masyarakat sekitarnya, bukan terjadi sebaliknya,” kata Amran.

Amran mencontohkan keberhasilan pengembangan pertanian di Kalimantan Selatan yang menanam jagung dengan model tanam yang berbeda, produksinya mencapai 20 hingga 24 ton. Lahan jagung ini sebelumnya merupakan lahan tidur berantakan.

“Jadi seluruh UPT, harus bangunkan lahan tidur yang ada di sekitarnya. Mulai pulang nanti bangunkan ya lahan-lahan tidur, dioptimalkan dan menjadi lahan produktif,” ujarnya.

Contoh yang kedua, sambung Amran, jika Balai Veteriner sukses mengembangkan sapi Belgian Blue setidaknya 5 ekor, dapat dipastikan masyarakat datang berbondong-bondong ingin mengadopsi ternak sapi tersebut.

"Begitupun dengan pengembangan ternak ayam kampung, harus menjadi contoh dan memberikan nilai tambah bagi masyarakat sekitar," imbuhnya.

Menteri Pertanian Andi Amran Sulaiman meminta Unit Pelaksana Teknis (UPT) lingkup Kementan harus mampu membangunkan atau mengoptimalkan lahan pertanian dan kebun percobaan.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News