Mentan Syahrul Yasin Limpo Andalkan Sektor Pertanian jadi Penggerak Hilirisasi Nasional

Mentan Syahrul Yasin Limpo Andalkan Sektor Pertanian jadi Penggerak Hilirisasi Nasional
Mentan Syahrul Yasin Limpo mengandalkan sektor pertanian menjadi penggerak hilirisasi nasional, tidak hanya terbatas pada perkebunan kelapa sawit. Foto: Dokumentasi Humas Kementan

jpnn.com, JAKARTA - Menteri Pertanian Syahrul Yasin Limpo mengatakan pertanian berpotensi menjadi sektor andalan penggerak upaya hilirisasi di Indonesia.

Hal ini sejalan dengan Presiden Joko Widodo (Jokowi) yang mendorong lebih maksimal pengembangan hilirisasi sejumlah komoditas pertanian strategis.

Kepala Negara menilai hilirisasi pertanian sangat penting untuk meningkatkan kesejahteraan petani dan masyarakat secara luas.

Sejumlah komoditas yang berpotensi, antara lain kelapa sawit, rumput laut, kelapa segar dan komoditas lainnya.

“Di sinilah peran sektor ekonomi hijau dan hilirisasi sebagai window of opportunity untuk meraih kemajuan karena Indonesia sangat kaya sumber daya alam, termasuk hasil perkebunan dan kelautan,” kata Presiden Jokowi saat Pidato Kenegaraan Sidang Tahunan MPR di Gedung Parlemen, Senayan.

Senada dengan Presiden Jokowi, Mentan Syahrul mengatakan hilirisasi menjadi kunci dalam meningkatkan nilai tambah dan daya saing berbagai komoditas pertanian.

Mentan Syahrul mengaku akan lebih gencar melakukan hilirisasi di sektor pertanian.

Dia menargetkan pertanian dapat menjadi sektor strategis dalam upaya hilirisasi di masa mendatang.

Mentan Syahrul Yasin Limpo mengandalkan sektor pertanian menjadi penggerak hilirisasi nasional, tidak hanya terbatas pada perkebunan kelapa sawit

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News