Mentan Syahrul Yasin Limpo Pastikan Sebaran Kasus PMK Terus Menurun

Mentan Syahrul Yasin Limpo Pastikan Sebaran Kasus PMK Terus Menurun
Menteri Pertanian Syahrul Yasin Limpo saat hadir di pencanangan vaksin massal di Desa Emplasmen, Kecamatan Beringin, Kabupaten Deli Serdang, Sumatera Utara, Sabtu (22/10). Foto: Dokumentasi Humas Kementan

jpnn.com, DELI SERDANG - Menteri Pertanian Syahrul Yasin Limpo memastikan sebaran penyakit mulut dan kuku (PMK) semakin menurun.

Dia menyampaikan melandainya kasus PMK dikarenakan proses vaksinasi dilakukan secara masif di seluruh Indonesia.

Kabar baik tersebut disampaikan Mentan saat menggelar pencanangan vaksin massal di Desa Emplasmen, Kecamatan Beringin, Kabupaten Deli Serdang, Sumatera Utara, Sabtu (22/10).

"Seluruh Indonesia angka sebaran PMK melandai luar biasa, termasuk pada sumbernya di Jawa Timur," kata Mentan SYL melalui keterangan yang diterima, Minggu (23/10).

Meski demikian, lanjut Mentan, semua pihak tidak boleh lengah dan gegabah karena terus berhadapan dengan situasi dan kondisi yang tidak menentu.

Menurutnya, siklus penyakit hewan maupun penyakit PMK masih terjadi di sejumlah negara, termasuk di Indonesia.

Dia mengungkapkan siklus ini bahkan bisa terjadi dalam 10 sampai 15 tahun, meski gejala dan skala kecepatan penyebaranya sangat berbeda-beda sehingga perlu dihadapi bersama dengan penuh kewaspadaan.

"PMK itu sesuatu yang tidak bisa lagi dikatakan masalah biasa-biasa saja karena memang menyerang Indonesia dan hampir semua negara. Alhamdulillah, di Indonesia dapat mengendalikanya," ujar mantan Gubernur Sulawesi Selatan dua periode itu.

Mentan Syahrul Yasin Limpo menyampaikan kabar baik terkait perkembangan penanganan kasus PMK di Indonesia

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News