Mentan SYL Berharap Festival Kopi Nusantara 2023 Bisa Dorong Petani Naik Kelas

Mentan SYL Berharap Festival Kopi Nusantara 2023 Bisa Dorong Petani Naik Kelas
Menteri Pertanian Syahrul Yasin Limpo (Mentan SYL) membuka festival kopi nusantara 2023 yang dihadiri 33 penggiat kopi dari berbagai daerah. Foto: dok Kementan

jpnn.com, JAKARTA - Menteri Pertanian Syahrul Yasin Limpo (Mentan SYL) membuka festival kopi nusantara 2023 yang dihadiri 33 penggiat kopi dari berbagai daerah.

Festival itu diharapkan mendorong para petani dan komoditas kopi Indonesia bisa naik kelas dan kopi Indonesia mampu menjadi menu wajib diseluruh dunia, sehingga mendongrak nilai ekspor dan kesejahteraan petani.

"Ini sesuatu yang sangat bermakna dan berharga dan kami dorong lebih kuat dengan berbagai kebijakan dari pemerintah berkolaborasi dengan para penggiat kopi " kata Mentan SYL saat Membuka Acara Festival Kopi Nusantara 2023 Dalam Rangka Ulang Tahun ke-53 Media Indonesia di Jakarta, Rabu(1/2/23).

Mentan mengatakan Indonesia memiliki 18 jenis kopi dengan rasa yang berbeda-beda yang sangat diminati oleh masyarakat Indonesia maupun Internasional yang bisa diolah menjadi berbagai produk turunan.

Kopi saat ini menjadi salah satu komoditas perkebunan yang sedang naik pamor. 

"Saya berharap besok tidak ada lagi cafe besar di seluruh dunia tidak ada lagi tanpa kopi Indonesia," ungkapnya

Tahun lalu kita buat One Day With Coffee Indonesia dan bisa mendapat kontrak milyaran melalui acara tersebut. Upaya ini tentu perlu kita dorong lebih kuat lagi," sambungnya.

Lebih lanjut, Mentan SYL menyebutkan Indonesia merupakan negara produsen biji kopi terbesar keempat di dunia setelah Brasil, Vietnam, dan Kolombia, dengan produksi rata-rata sekitar 786 ribu ton per tahun atau sekitar 9 persen dari produksi kopi dunia.

Menteri Pertanian Syahrul Yasin Limpo (Mentan SYL) membuka festival kopi nusantara 2023 yang dihadiri 33 penggiat kopi dari berbagai daerah.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News