Mentan SYL Ingatkan El Nino Ancaman Serius Bagi Produksi Pangan yang Harus Diantisipasi

Mentan SYL Ingatkan El Nino Ancaman Serius Bagi Produksi Pangan yang Harus Diantisipasi
Menteri Pertanian Syahrul Yasin Limpo mengingatkan fenomena El Nino merupakan ancaman serius terhadap produksi pangan, baik di subsektor tanaman pangan, peternakan dan perkebunan. Foto: ilustrasi/dokumentasi humas Kementan

jpnn.com, LEMBANG - Menteri Pertanian Syahrul Yasin Limpo (Mentan SYL) memingta semua pihak bersiap menghadapi cuaca ekstrem El Nino yang diperkirakan berlangsung hingga Agustus 2023 mendatang.

Hal itu disampaikan Mentan SYL saat membuka pelatihan petani dan PPL di Balai Besar Pelatihan Pertanian (BBPP) Lembang, Selasa (23/5).

Dalam arahannya, Mentan SYL meminta pelatihan tersebut dapat dilakukan serentak di seluruh Indonesia serta membentuk Gugus Tugas El Nino dan melakukan mitigasi adaptasi.

"Pelatihan-pelatihan petani dan PPL ini harus terorganisir dengan baik sehingga seluruh insan pertanian memiliki kemampuan mengantisipasi berbagai tantangan yang muncul akibat El Nino," kata Mentan SYL.

Mantan Gubernur Sulawesi Selatan dua periode itu mengatakan pelatihan merupakan langkah yang tepat dalam memberikan pemahaman El Nino secara konkret dan menyeluruh sehingga petani dan penyuluh dapat menumbuhkan kepekaan serta sense of crisis dalam menghadapi semua persoalan.

"Saya juga minta agar jajaran SDM (BPPSDMP) mampu memanfaatkan jaringan Kostratani di berbagai level untuk mengaktualisasikan penerapan hasil pelatihan ini," pesannya.

Sebagai informasi, cuaca ekstrem yang melanda dunia saat ini terbagi menjadi dua bagian.

Pertama adalah El Nino atau fase hangat, dan kedua El Nina atau fase dingin.

Mentan SYL kembali mengingatkan ancaman serius El Nino yang harus diantisipasi saat membuka pelatihan petani dan PPL di BBPP Lembang

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News