Mentan SYL Ingin Menjadikan Lampung Jadi Lokomotif Ekspor Komoditas Pertanian

Mentan SYL Ingin Menjadikan Lampung Jadi Lokomotif Ekspor Komoditas Pertanian
Mentan Syahrul Yasin Limpo (SYL) melepas ekspor komoditas pertanian di Lampung. Foto: Humas Kementan

jpnn.com, LAMPUNG - Menteri Pertanian Syahrul Yasin Limpo (SYL) bersama Gubernur Lampung Arinal Djunaidi dan Bupati Lampung Tengah Loekman Djoyosoemarto melepas ekspor komoditas pertanian senilai Rp181 miliar di kawasan PT Great Giant Pineapple, Lampung Tengah, Selasa (17/12).

Adapun komoditas yang diekspor adalah nanang kaleng, pisang segar dan komoditas pertanian lainnya.

Dalam kesempatannya, SYL menjelaskan kegiatan ekspor tersebut merupakan bagian dari langkah nyata Kementan dalam melipatgandakan ekspor komoditas pertanian hingga tiga kali lipat. Selain itu, ekspor juga bertujuan untuk menjadikan Provinsi Lampung sebagai lokomotif pengembangan ekspor pertanian sehingga bisa menjadi contoh untuk provinsi lainnya.

"Saya mau Lampung menjadi lokomotif baru untuk pertanian dan peternakan dan menjadikan sasaran kita adalah ekspor. Lampung juga harus menjadi sebagai mentor agar bebagai komoditas dari buah tropis yang diminati oleh dunia,” ujar SYL.

Ekspor komoditas pertanian asal Lampung ini dengan negara tujuan Belanda, Amerika Serikat, dan Tiongkok. Menurut SYL, ekspor ini menunjukkan komoditas pertanian Indonesia memiliki kualitas dan daya saing di pasar dunia, sehingga komoditas asal Lampung, salah satunya menjadi kebanggaan Indonesia.

"Ini harus kita dorong bersama. Kita berharap ini menjadi bagian yang besok bisa menjanjikan lapangan kerja dan kesejahteraan rakyat Indonesia menjadi lebih baik khususnya di Lampung," ujarnya.(cuy/jpnn)

Menurut SYL, kegiatan ekspor tersebut merupakan bagian dari langkah nyata Kementan dalam melipatgandakan ekspor komoditas pertanian hingga tiga kali lipat.


Redaktur & Reporter : Elfany Kurniawan

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News