Mentan SYL Minta Semua Bersiap Hadapi El Nino

Mentan SYL Minta Semua Bersiap Hadapi El Nino
Mentan Syahrul Yasin Limpo membuka pelatihan petani dan PPL di Balai Besar Pelatihan Pertanian (BBPP) Lembang, Kabupaten Bandung, Jawa Barat. Foto: Kementan

jpnn.com, BANDUNG - Menteri Pertanian (Mentan) Syahrul Yasin Limpo (SYL) membuka pelatihan petani dan PPL di Balai Besar Pelatihan Pertanian (BBPP) Lembang, Kabupaten Bandung, Jawa Barat.

Sampai hari ini sudah 13 juta penyuluh dan petani mengikuti pelatihan sebagai upaya pemerintah dalam memastikan ketersedian pangan utamanya menghadapi cuaca ekstrem El Nino yang diperkirakan berlangsung hingga Agustus 2023 mendatang.

Kegiatan ini merupakan pelatihan yang sudah dilakukan sejak empat tahun lalu melalui program sejuta petani milenial BPPSDMP Kementan.

Dalam arahannya, SYL meminta pelatihan tersebut dapat dilakukan serentak di seluruh Indonesia serta membentuk gugus tugas El Nino dan melakukan mitigasi adaptasi.

"Pelatihan-pelatihan petani dan PPL ini harus terorganisir dengan baik sehingga seluruh insan pertanian memiliki kemampuan mengantisipasi berbagai tantangan yang muncul akibat el nino," ujar Syahrul, Selasa (23/5).

Syahrul mengatakan pelatihan adalah langkah yang tepat dalam memberikan pemahaman el nino secara konkrit dan menyeluruh.

Dengan begitu, kata dia, petani dan penyuluh dapat menumbuhkan kepekaan serta sense of crisis dalam menghadapi semua persoalan.

"Saya juga minta agar jajaran SDM (BPPSDMP) mampu memanfaatkan jaringan Kostratani di berbagai level untuk mengaktualisasikan penerapan hasil pelatihan ini," katanya.

Mentan Syahrul Yasin Limpo (SYL) meminta jajarannya membentuk gugus tugas El Nino dan melakukan mitigasi adaptasi.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News