Mentan SYL Pastikan Pasokan Daging dan Sapi Aman saat Iduladha

Mentan SYL Pastikan Pasokan Daging dan Sapi Aman saat Iduladha
Mentan SYL turun langsung ke lapangan untuk mengecek ketersediaan stok daging sapi dalam memenuhi kebutuhan konsumsi masyarakat. Foto: Kementan

jpnn.com, JAKARTA - Menteri Pertanian Syahrul Yasin Limpo (Mentan SYL) memastikan kebutuhan daging masyarakat saat Hari Raya Iduladha akan tercukupi.

Menurutnya, pasokan daging yang tersedia saat ini sebesar 42.269 ton dan dipastikan terbebas dari Penyakit Mulut dan Kuku (PMK).

Mentan bahkan turun langsung ke lapangan untuk mengecek ketersediaan stok daging sapi dalam memenuhi kebutuhan konsumsi masyarakat.

"Hari ini saya bersama Dirjen Peternakan dan jajaran Kementerian Pertanian yang bertanggung jawab akan ketersediaan daging dan produk ternak, turun langsung cek ketersediaan daging kita menghadapi idul kurban yang sebentar lagi dan dipastikan stok daging aman dan cukup untuk konsumsi dalam negeri," kata SYL saat meninjau cold storage daging PT.Indoguna di Cikupa, Tangerang, Sabtu (4/6).

SYL membeberkan untuk menjamin ketersediaan stok daging, Kementerian Pertanian (Kementan) bersama pemerintah daerah terus melakukan upaya penanganan dan pengendalian terhadah wabah PMK.

Dia menegaskan pemerintah mencegah penyebaran, saat ini dilakukan pembatasan lalu lintas ternak secara ketat.

"Tidak perlu khawatir karena pasokan dari daerah yang masuk zona hijau yakni daerah yang tidak ada kasus PMK sangat cukup untuk kebutuhan kita khususnya untuk Iduladha. Kita akan terus jaga dan mantapkan proses distribusi sapi sehingga supply dan demand ternak dapat berjalan lancar, yang terpenting, daging sapi pun aman dikonsumsi," jelasnya.

Mentan SYL juga mengatakan kolaborasi semua pihak sangat diperlukan dalam mencegah penyebaran wabah PMK utamanya pada setiap daerah.

Menteri Pertanian Syahrul Yasin Limpo (Mentan SYL) memastikan kebutuhan daging masyarakat saat Hari Raya Iduladha akan tercukupi.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News