Mentan SYL Sebut Pertanian Beri Pengaruh Positif Terhadap Pertumbuhan Ekonomi Indonesia

Mentan SYL Sebut Pertanian Beri Pengaruh Positif Terhadap Pertumbuhan Ekonomi Indonesia
Menteri Pertanian Syahrul Yasin Limpo saat berbicara dalam acara Semarak Kemerdekaan di Kantor Pusat Kementan, Jumat (18/8). Foto: Dokumentasi Humas Kementan

jpnn.com, JAKARTA - Menteri Pertanian Syahrul Yasin Limpo (Mentan SYL) mengharapkan semangat Hari Kemerdekaan terus membakar semangat pekerja di sektor pertanian untuk terus berjuang menjaga kedaulatan Indonesia.

Sebab, pertanian adalah salah satu faktor utama pendukung kemandirian sebuah bangsa.

"Kalau Kementerian Pertanian paling semarak dalam merayakan hari kemerdekaan itu ada alasannya, saudara-saudara. Itu karena kemerdekaan tidak bisa hadir tanpa pertanian. Betul," kata Mentan SYL dalam Acara Semarak Kemerdekaan di Kantor Pusat Kementan, Jumat (18/8).

Mentan SYL menyampaikan sepanjang masa pandemi Covid-19 yang membuat berbagai sektor mendapatkan pertumbuhan negatif, Badan Pusat Statistik (BPS) menyatakan bahan sektor pertanian berhasil tumbuh 1,75 persen dibandingkan tahun 2019.

Sampai saat ini, lanjut Mentan SYL, sektor pertanian masih memberikan pengaruh positif terhadap pertumbuhan ekonomi Indonesia.

Menurut data BPS pada 7 Agustus 2023, sektor pertanian menyumbang 13,35 persen dari Pertumbuhan Domestik Bruto (PDB) pada triwulan II 2023.

"Kalau ingin membuat bangsa ini bersoal, buat pertaniannya bersoal. Kau bisa apa tanpa makan? Dan pertanian sudah membuktikan tiga tahun terakhir ini bantalan ekonomi Indonesia bisa seperti ini karena pertanian," tegas Mentan Syahrul.

Sebagai kado bagi Indonesia di Hari Kemerdekaannya tahun lalu, Kementan mendapatkan penghargaan dari

Mentan SYL bicara pentingnya sektor pertanian yang memberikan pengaruh positif bagi perekonomian Indonesia

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News