Mentan SYL Tekankan Pentingnya Data dan Informasi Publik

Mentan SYL Tekankan Pentingnya Data dan Informasi Publik
Menteri Pertanian Syahrul Yasin Limpo pada acara Anugerah Keterbukaan Informasi Publik (KIP) 2021 di Jakarta, Senin (11/10). Foto: Kementan

jpnn.com, JAKARTA - Menteri Pertanian Syahrul Yasin Limpo menegaskan pentingnya layanan dan akses data serta keterbukaan informasi publik dalam pembangunan pertanian masa depan yang memiliki misi maju, mandiri dan modern.

Menurutnya, informasi publik merupakan awal dari lahirnya sebuah data yang penting sebelum pengambilan kebijakan.

"Informasi publik membuat kita mampu membangun hal-hal baru dan melahirkan konsepsi serta program yang berbasiskan data. Yang lebih penting informasi publik mampu melahirkan kegiatan yang bermanfaat bagi masyarakat," kata Mentan SYL pada acara Anugerah Keterbukaan Informasi Publik (KIP) 2021 di Jakarta, Senin (11/10).

Dia mengatakan data dan informasi publik merupakan senjata utama pada sektor pertanian yang akan melahirkan transparansi.

"Dari informasi yang terbuka itu akan melahirkan akuntabilitas publik, sudah cocok tidak antara data dan harapan dan kebutuhan publik. Kalau kami bilang data kami bagus, tapi publik bilang tidak. Itu kan repot. Maka pentingnya transparansi membangun akuntabilitas publik," ujarnya.

Tahun lalu, Kementerian Pertanian memperoleh 24 penghargaan tingkat kementerian dari lembaga negara dan institusi nasional.

Semua penghargaan itu diraih Kementan melalui pijakan data dan informasi publik.

Menurut Syahrul, penghargaan ini membuktikan hasil kerja keras yang telah dilakukan.

Mentan SYL mengatakan informasi publik merupakan awal dari lahirnya sebuah data yang penting sebelum pengambilan kebijakan.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News