Menteri Agama: 6 Petugas yang Disumpah, Semuanya Melihat Hilal

Menteri Agama: 6 Petugas yang Disumpah, Semuanya Melihat Hilal
Menteri Agama Lukman Hakim (kiri) didampingi Ketua MUI KH Ma'ruf Amin, saat mengumumkan penetapan 1 Syawal. Foto: Ricardo/JPNN.com

jpnn.com, JAKARTA - Pemerintah telah menetapkan hari raya Idulfitri 1 Syawal 1438 Hijriah jatuh pada Minggu 24 Juni 2017. Menteri Agama (Menag) Lukman Hakim Saifuddin mengatakan, keputusan penetapan 1 Syawal itu lewat isbat yang dilakukan di kantor Kementerian Agama (Kemenag) Jakarta.

"Malam ini memasuki 1 Syawal 1438 Hijriah dengan demikian mulai besok pagi (Minggu 25 Juni 2017) akan bersama-sama melaksanakan salat Id," ujar Lukman, Sabtu (24/6).

Menurut Lukman hilal terlihat di dengan ketinggian 3.88 derajat jarak busur ke matahari 5.06 derajat umur bulan delapan jam 15 menit dan 24 detik di Gresik, Surabaya, dan Kupang.

Lukman menambahkan kesepakatan sidang isbat itu berdasarkan pada dua hal, yaitu lewat perhitungan hisab dan laporan dari petugas lapangan yang telah disumpah untuk melihat hilal. "Enam petugas yang telah disumpah semuanya melihat hilal," katanya. (cr2/jpg)


Pemerintah telah menetapkan hari raya Idulfitri 1 Syawal 1438 Hijriah jatuh pada Minggu 24 Juni 2017. Menteri Agama (Menag) Lukman Hakim Saifuddin


Redaktur & Reporter : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News