Menteri Airlangga Sebut Sektor Pertanian Paling Tangguh

Menteri Airlangga Sebut Sektor Pertanian Paling Tangguh
Ilustrasi - Menko Bidang Perekonomian Airlangga Hartarto. Foto: Ricardo/jpnn.com

jpnn.com, JAKARTA - Menko Perekonomian Airlangga Hartarto menyebut sektor pertanian selama ini terbukti paling tangguh di saat sektor lain tumbuh negatif akibat COVID-19.

Karena itu, Airlangga optimistis sektor pertanian masih akan tetap tumbuh positif, meski pada kuartal II-2021 pertumbuhannya hanya 0,38 persen.

"Sektor pangan ini kaitanya sangat erat dengan musim tanam dan panen. Jadi kalau dilihat di kuartal 2 tahun lalu angkanya positif, pertanian selalu di atas dan yang lain negatif."

"Ekspor kelapa sawit misalnya, selalu menjadi andalan dan penunjang ekonomi nasional," ujar Airlangga saat menyampaikan konferensi pers rilis pertumbuhan ekonomi di kuartal II-2021, Kamis (5/8).

Airlangga kemudian memaparkan laporan Badan Pusat Statistik (BPS) yang menyebut perekonomian Indonesia tumbuh 7.07 persen (Y-on-Y) pada kuartal 2 2021.

Angka ini dinilai positif karena ekonomi nasional bergerak ke arah yang lebih baik.

Bahkan, jika dibandingkan triwulan sebelumnya, angka tahun ini lebih tinggi dan lebih baik dibandingkan negara lain seperti India dan Korea.

"Kalau kita lihat sektor UMKM serta program KUR (kredit usaha rakyat) saat ini sudah menunjukan perbaikan dan sudah pulih."

Menko Perekonomian Airlangga Hartarto menyebut sektor pertanian terbukti paling tangguh selama pandemi COVID-19.

Sumber ANTARA

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News