Menteri Amran Meluncurkan Program Bedah Kemiskinan di Jember

Menteri Amran Meluncurkan Program Bedah Kemiskinan di Jember
Menteri Pertanian Andi Amran Sulaiman meluncurkan program Bedah Kemiskinan Rakyat Sejahtera (Bekerja) di Kabupaten Jember, Jawa Timur, Rabu (23/5). Foto: Fathan Sinaga/JPNN.com

jpnn.com, JEMBER - Menteri Pertanian Andi Amran Sulaiman meluncurkan program Bedah Kemiskinan Rakyat Sejahtera (Bekerja) di Kabupaten Jember, Jawa Timur, Rabu (23/5).

Dalam kesempatan ini, Amran membagi-bagikan bantuan hewan ternak dan bibit tanaman kepada penduduk kurang mampu.

Menurut Amran, program Bekerja merupakan arahan Presiden RI Joko Widodo untuk memperbaiki taraf hidup masyarakat miskin di pedesaan. Program ini fokus pada peningkatan pendapatan dan daya beli mayoritas rumah tangga miskin yang bekerja pada sektor pertanian maupun informal.

“Melalui program Bekerja ini diharapkan bisa menekan angka kemiskinan nasional,” kata Amran di Desa Sukogidri, Kecamatan Ledok Ombo, Kabupaten Jember.
Program Bekerja bersinergi dengan Kementerian Sosial, Kementerian BUMN, Kementerian Desa, BKKBN dan pemerintah daerah.

Amran menjelaskan bantuan dari pemerintah ini bersifat jangka pendek hingga panjang. Bantuan jangka pendek adalah pemberian 50 ayam petelur kepada masyarakat.

“Saya minta ayam yang diberikan ini diternakkan, jangan dipotong. Telurnya bisa dijual atau dikonsumsi," kata Amran.

Pemberian bantuan dari program Bekerja diberikan kepada 33 rumah tangga miskin (RTM) Kabupaten Jember merupakan lokasi kelima sasaran program Bekerja setelah Kabupaten Bondowoso, Kabupaten Cianjur, Kabupaten Magetan dan Kabupaten Purbalingga.

Pemerintah melalui Kementerian Pertanian membuat langkah baru dengan adanya program Bedah Kemiskinan Rakyat Sejahtera (Bekerja) yang merupakan program pengentasan kemiskinan berbasis pertanian. Bantuan berupa ayam, kambing dan bibit tanaman akan diberikan untuk seribu desa dari seratus kabupaten terpilih.(tan/jpnn)


Menteri Pertanian Andi Amran Sulaiman meluncurkan program Bedah Kemiskinan Rakyat Sejahtera (Bekerja) di Kabupaten Jember, Jawa Timur, Rabu (23/5).


Redaktur & Reporter : Fathan Sinaga

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News