Menteri Anies Ajak Para Ayah Jangan Kalah dengan Ibu

Menteri Anies Ajak Para Ayah Jangan Kalah dengan Ibu
Mendikbud Anies Baswedan. FOTO: DOK.JPNN.com

jpnn.com - JAKARTA – Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Mendikbud) Anies Baswedan mengajak para ayah untuk datang ke sekolah. Meluangkan waktu sejenak mendampingi putra atau putri dalam kegiatan di sekolah. Selama ini, menurut Anies, hanya para ibu yang lebih banyak datang untuk mengambil rapor anak atau kegiatan lainnya di sekolah, sedangkan para ayah jarang terlibat.

“Para ayah, cobalah luangkan waktu sejenak untuk mendampingi putra-putri di sekolah. Jangan hanya para ibu saja,” kata Anies, Jumat (25/12).

Dia menekankan pentingnya peran ibu, namun para ayah perlu lebih terlibat dalam pendidikan anak-anak.

“Sebagai orang tua, ayah maupun ibu merupakan pendidik yang utama dan pertama bagi anak-anak,” ujar Anies.

Keterlibatan ayah dalam kegiatan di sekolah dapat dilakukan dengan beragam cara, antara lain mengantar anak pada hari pertama sekolah, mengambil rapor anak, dan aktif dalam kepanitiaan kegiatan di sekolah. Bahkan, para ayah juga dapat menjadi narasumber di sekolah anak-anak mereka. 

Para ayah bisa menceritakan profesi dan pengalaman mereka di hadapan anak dan teman-teman anaknya di sekolah. “Hal ini tentu dapat menginspirasi sekaligus membuka wawasan anak tentang dunia kerja atau dunia usaha,” terang mantan Rektor Universitas Paramadina tersebut.‎(esy/jpnn)


JAKARTA – Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Mendikbud) Anies Baswedan mengajak para ayah untuk datang ke sekolah. Meluangkan waktu sejenak


Redaktur & Reporter : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News