Gelar Merayu Trenggalek Fashion Day 2022

Menteri Bintang Berterima Kasih Kepada Dekranasda Trenggalek

Menteri Bintang Berterima Kasih Kepada Dekranasda Trenggalek
Menteri PPPA Bintang Puspayoga. Foto : Ricardo/JPNN

jpnn.com, JAKARTA - Menteri Pemberdayaan Perempuan dan Anak I Gusti Ayu Bintang Darmawati menyebut Merayu Trenggalek Fashion Day 2022 yang diinisasi Dewan Kerajinan Nasional Daerah (Dekranasda) Kabupaten Trenggalek merupakan event akbar yang sangat penting bagi masyarakat khususnya kaum perempuan Trenggalek yang menjadi pelaku UMKM.

Bintang Puspayoga sapaan Gusti Ayu Bintang Darmawati mengatakan even daerah yang diselenggatakan di kota-kota besar seyogianya menjadi ajang untuk memperkenalkan sekaligus menumbuhkembangkan kembali UMKM daerah, yang sempat terpuruk di masa Pandemi Covid-19.

“Mewakili pemerintah, saya mengucapkan terima kasih kepada Pemkab khususnya segenap insan Dekranesda Trenggalek, atas dedikasi dan kepeduliannya terhadap kaum perempuan yang menjadi pelaku UMKM, dalam meningkatkan perekonomian keluarganya,” kata Menteri Bintang Puspayoga seperti dilansir dalam siaran pers pada Sabtu (21/5).

Senada dengan Bintang Puspa Yoga, Menteri Koperasi dan UMKM Teten Masduki serta Kepala Staff Presiden Moeldoko dalam sambutan virtual meyakini UMKM Trenggalek di bawah binaan Dekranesda akan makin tumbuh dan berkembang sehingga dapat senantiasa menjadi pilar ketahanan ekonomi bangsa.

Sementara itu, Ketua Dewan Kerajinan Nasional Daerah (Dekranesda) Kabupaten Trenggalek sekaligus founder UPRINTIS Novita Hardani Mochamad berharap Merayu Trenggalek Fashion Day 2022 di Museum Tekstil Jakarta dapat makin memperkenalkan pesona Trenggalek sebagai lokal wisdom Jawa Timur sekaligus mendongkrak Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM) masyarakat.

Merayu Trenggalek Fashion Day sendiri merupakan annual event yang InsyaAllah akan terus diselenggarakan setiap tahunnya agar seluruh potensi daerah dan masyarakat Trenggalek, khususnya pelaku UMKM “naik kelas” sehingga mampu bersaing di tingkat nasional dan internasional.

“Syukur Alhamdulillah, puncak acara yakni fashion show yang diikuti oleh berbagai perancang busana nasional di mana kain batik canting khas Trenggalek menjadi bahan baku utamanya, membuat decak kagum para pengunjung khususnya pencinta fashion tanah air yang datang dari berbagai daerah di Indonesia,” kata Novita Hardini Mochamad kepada wartawan, Minggu, (22/5/2022).

Hampir sebagian besat batik khas Trenggalek, disulap menjadi  busana cantik bergaya Belanda. Kain yang menjadi warisan budaya tanah air itu, tampak cantik dan anggun dipandang.

Menteri Bintang mengucapkan terima kasih kepada Pemkab khususnya insan Dekranasda Trenggalek atas dedikasi & kepeduliannya terhadap kaum perempuan Trenggalek.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News