Hebat, Dekranasda Dairi Kembangkan Ulos Silalahi Jadi Aset Daerah

Hebat, Dekranasda Dairi Kembangkan Ulos Silalahi Jadi Aset Daerah
Ketua Dekranasda Kabupaten Dairi sekaligus istri Bupati Kabupaten Dairi, Ny. Romy Mariani Eddy Berutu bersama Istri Wamendag ibu Lily Marpaung Sambuaga dan perancang busana Merdi Sihombing di Alun-alun Grand Indonesia Mall, Jakarta, Sabtu (30/10/2021). Foto: Dekranasda Dairi

jpnn.com, JAKARTA - Dekranasda Kabupaten Dairi melaksanakan rangkaian pergelaran koleksi sejumlah busana berbahan Ulos Silalahi dari Kecamatan Silahisabungan, Kabupaten Dairi.

Kegiatan kolaborasi dengan perancang Merdi Sihombing ini dilaksanakan di Alun-alun Grand Indonesia Mall, Jakarta, Sabtu (30/10/2021).

Ibu Lily Marpaung Sambuaga, istri Wakil Menteri Perdagangan Hadir saat membuka fashion show ini mengapresiasi kepada Ibu Romy Mariani Eddy Berutu selaku Ketua Dekranasda Kabupaten Dairi yang juga istri Bupati Kebupaten Dairi dan karya-karya penenun dari komunitas perempuan penenun Kabupaten Dairi.

Lily mengatakan Ulos belum sepopuler batik maupun beberapa kain tenun daerah lain sebagai busana modern karena masih kebanyakan digemari atau dikoleksi masyarakat berdarah Sumatera Utara.

“Untuk itu, apa yang tengah dilakukan Ibu Romy Mariani untuk lebih mengangkat dan memopulerkan ulos Silalahi patut kita apresiasi dan dukung bersama,” kata Ibu Lily.

Menurut dia, kepedulian tidak hanya sebatas memopulerkan semata, namun yang luar biasa adalah melatih para penenun untuk menggunakan pewarna alami. Ini adalah wujud kepedulian terhadap lingkungan hidup.

Lily menambahkan inisiatif program yang dilaksanakan Dekranasda Dairi ini sejalan dalam upaya mendukung pengembangan kawasan destinasi pariwisata super prioritas (DPSP) Danau Toba.

Sementara itu, Romy Mariani dalam sambutannya memaparkan pengembangan kain tenun 'Ulos Silalahi' yang selama ini hanya sebagai komoditas untuk acara-acara pesta adat di suku Batak menjadi bahan dan produk 'Eco Fashion' yang ramah lingkungan.

Dekranasda Kabupaten Dairi melaksanakan rangkaian pergelaran koleksi sejumlah busana berbahan Ulos Silalahi dari Kecamatan Silahisabungan, Kabupaten Dairi.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News