Menteri Desa Terharu Melihat Masyarakat Belu

Menteri Desa Terharu Melihat Masyarakat Belu
Menteri Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi (DPDTT) Eko Sandjojo (mengenakan jas dan peci hitam), turun menyapa masyarakat Belu, usai memimpin upacara di lapangan kantor Desa Foeka, Nanaet Duabesi, Belu, Rabu (17/8). Foto: Humas Kementerian DPDTT for JPNN.com

jpnn.com - BELU - Menteri Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi (DPDTT) Eko Sandjojo terharu melihat tangguhnya masyarakat yang bermukim di Kabupaten Belu, Nusa Tenggara Timur (NTT). 

Meski kondisi geografis cukup sulit, dengan kondisi tanah berbukit batu, masyarakat tetap bertahan. Bahkan terus berbuat tanpa pernah mengenal kata menyerah. 

Karena itu, Eko berjanji akan mencoba meringankan beban masyarakat. Misalnya, terkait kebutuhan air yang sangat sulit diperoleh. Demikian juga jalur transportasi yang perlu memperoleh sentuhan, sehingga memudahkan masyarakat menyalurkan hasil-hasil pertanian yang ada. 

"Nanaet adalah wilayah perbatasan, dan jelas komitmen pemerintahan Presiden Jokowi memprioritaskan pembangunan desa perbatasan. Segera ekonomi desa ini harus maju," ujar Eko usai memimpin upacara memperingati 71 tahun Indonesia Merdeka yang dipusatkan di lapangan kantor Desa Foeka, Nanaet Duabesi, Belu, Rabu (17/8).  

Menurut Eko, ada banyak program pemerintah yang kini diarahkan untuk membangun Indonesia dari pinggiran. Yaitu membangun desa, sehingga kesejahteraan masyarakat dapat terwujud.

Di antaranya lewat pengucuran dana desa. Eko berharap dapat dimanfaatkan untuk mempercepat kebutuhan utama masyarakat. Terutama dalam memajukan ekonomi desa. Langkah konkretnya, misal dengan membangun sumber air untuk menunjang pertanian.

"Setelah air, maka pertanian harus digeber dengan komoditas unggulan yang berskala besar. Kelola dengan baik karena dana desa akan meningkat terus dari tahun ke tahun," ujar Eko. (gir/jpnn)


BELU - Menteri Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi (DPDTT) Eko Sandjojo terharu melihat tangguhnya masyarakat yang bermukim di Kabupaten


Redaktur & Reporter : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News