Menteri Dituduh Menghina Raja

Menteri Dituduh Menghina Raja
TERLAPOR - Menlu Thailand, Kasit Piromya, yang dilaporkan ke polisi oleh parpol oposisi karena disebut menghina Raja Thailand. Foto: Xinhua/Chen Duo.
BANGKOK - Tuduhan serius dilayangkan Partai Puea Thai ke divisi Crime Suppression Kepolisian Thailand, kemarin (18/6). Partai oposisi itu melaporkan Kasit Piromya, Menteri Luar Negeri (Menlu) Thailand, dengan tuduhan menghina Raja Bhumibol Adulyadej. Konon, penghinaan itu dilakukan April lalu di Amerika Serikat (AS).

"Kami memiliki bukti-bukti kuat. Termasuk rekaman pidato Kasit. Di sana jelas terlihat bahwa Kasit melecehkan raja," ujar Jubir Partai Puea Thai, Pormpong Nopparit, seperti dilansir Agence France-Presse. Dia menambahkan, saat berpidato tentang reformasi Kerajaan Thailand, Kasit melontarkan beberapa pernyataan yang menghina Bhumibol.

Salah satu komentar Kasit yang oleh oposisi dianggap sebagai bentuk penghinaan terhadap raja adalah pernyataan soal krisis politik dalam negeri. Terkait aksi unjuk rasa antipemerintah yang berlangsung hampir satu bulan itu, Kasit mengatakan bahwa peran kerajaan dalam politik, telah digeser oleh rakyat jelata. Sebab, saat itu, kerajaan memilih untuk tidak ikut campur.

Berdasar bukti-bukti yang dia ajukan, Pormpong berharap aparat penegak hukum bersedia mengusut tuntas kasus dugaan penghinaan terhadap raja tersebut. Apalagi, di Negeri Gajah Putih itu, raja memegang peran sangat penting. Mereka yang terbukti menghina atau melecehkan pimpinan monarki Thailand itu, bakal diganjar hukuman penjara maksimal 15 tahun.

BANGKOK - Tuduhan serius dilayangkan Partai Puea Thai ke divisi Crime Suppression Kepolisian Thailand, kemarin (18/6). Partai oposisi itu melaporkan

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News