Menteri ESDM Pastikan Harga Elpiji 3 Kilogram Tetap

Menteri ESDM Pastikan Harga Elpiji 3 Kilogram Tetap
Menteri ESDM Pastikan Harga Elpiji 3 Kilogram Tetap

jpnn.com - JAKARTA - Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) menegaskan harga elpiji tabung 3 kilogram tetap atau tidak akan naik menyusul kelangkaan komoditas tersebut di beberapa daerah.

"Kalau ada yang berpandangan atau punya spekulasi bahwa akan ada kenaikan elpiji 3 kilogram itu tidak benar," kata Menteri ESDM Sudirman Said di Jakarta, Kamis (27/2) malam dilansir Rakyat Merdeka Online (Grup JPNN.com), Jumat (27/2).

Pemerintah, menurutnya, tidak akan menaikkan harga elpiji 3 kg tersebut karena komoditas itu sudah ditetapkan oleh pemerintah, Komisi VII DPR, dan Badan Anggaran sebagai komoditas bersubsidi dan diperuntukkan bagi masyarakat kecil.

"Elpiji 3 kg adalah haknya masyarakat bawah, jadi kami mengimbau pada masyarakat mampu agar memperuntukkan elpiji tersebut kepada yang berhak," ujarnya.

Sudirman juga mengatakan bahwa untuk mengatasi kesulitan elpiji, Pertamina bekerja sama dengan Dirjen Migas ESDM telah melakukan operasi pasar besar-besaran guna memastikan bahwa ketersediaan elpiji tiga kilogram aman.

"Dari operasi pasar tersebut tidak ditemukan lonjakan permintaan dan kami pastikan bahwa stok elpiji nasional aman," tuturnya.

Pelaksana tugas Dirjen Migas Kementerian ESDM I Gusti Nyoman Wiratmadja menambahkan, selain menggelar operasi pasar, Pertamina juga sudah menambah pasokan di sembilan lokasi yang terindikasi kesulitan elpiji 3 kg yaitu Binjai, Subang, Sumedang, Depok, Bogor, Bekasi, Jepara, Kedingtinggi, dan Karet (Jakarta).

"Penambahan pasokan kita lakukan dengan cepat, ketika tanggal 24 Februari ada laporan kelangkaan, tanggal 25 kami langsung menambah pasokan," ujarnya.

JAKARTA - Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) menegaskan harga elpiji tabung 3 kilogram tetap atau tidak akan naik menyusul kelangkaan

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News