Menteri Gobel Tuding Spekulan yang Bikin Harga Bahan Pokok Meroket

Menteri Gobel Tuding Spekulan yang Bikin Harga Bahan Pokok Meroket
Menteri Perdagangan, Rachmat Gobel. Foto: Dokumen JPNN.com

jpnn.com - JAKARTA - Menteri Perdagangan (Mendag) Rachmat Gobel mengungkapkan, melonjaknya harga daging ayam dan telur disebabkan ulah spekulan yang bermain dengan memanfaatkan. Padahal data yang dimiliki Kementerian Pertanian menyatakan stok kedua komoditi tersebut berlimpah.

"Daging ayam dan telur itu over stok sebenarnya. Cuma masalahnya tujuh bulan lalu harga daging ayam dan telur di bawah rata-rata. Ini yang dimanfaatkan sama spekulan. Mereka mau balikin modal pas bulan puasa dan lebaran," beber Gobel saat menggelar jumpa pers di kantor Kemenkominfo, Jakarta, Jumat (19/6).

Hal yang sama juga menimpa pada daging sapi, yang saat ini sudah tembus di atas Rp 100 ribu. Berdasarkan data yang ia kantongi, stok daging sapi masih aman dalam lima bulan ke depan.

Untuk itu atas nama pemerintah, Gobel berjanji bakal menata kembali suplai bahan pokok dari produksi sampai ke konsumen. Selain itu, pemerintah juga bakal memantau aksi para spekulan nakal yang mempermainkan harga saat puasa dan Lebaran.

"Ini resikonya kalau dilepas mekanisme ke pasar, jadi seperti sekarang ini. Ini yang akan kami benahi," janjinya. (chi/jpnn)


JAKARTA - Menteri Perdagangan (Mendag) Rachmat Gobel mengungkapkan, melonjaknya harga daging ayam dan telur disebabkan ulah spekulan yang bermain


Redaktur & Reporter : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News