Menteri Hadi Berpeluang Jadi Cawapres, Pengamat: Seperti Jokowi Pilih Ma’ruf Amin

Menteri Hadi Berpeluang Jadi Cawapres, Pengamat: Seperti Jokowi Pilih Ma’ruf Amin
Menteri Agraria dan Tata Ruang/Kepala Badan Pertanahan Nasional (ATR/BPN) Hadi Tjahjanto menyerahkan sertifikat kepada warga saat berkunjung ke Kabupaten Musi Rawas Utara (Muratara), Provinsi Sumatra Selatan, Kamis (7/9). Foto: dok pribadi for JPNN

jpnn.com, JAKARTA - Pengamat politik Universitas Padjadjaran, Kunto Adi Wibowo menilai ada peluang bagi Menteri ATR/BPN Hadi Tjahjanto menjadi kandidat calon wakil presiden.

Menurutnya, Hadi memiliki kinerja yang baik dan diapresiasi oleh Jokowi.

"Pak Hadi punya kinerja yang baik terus kemudian bisa selesaikan sertifikasi (tanah), itu memang tugas yang diberikan Pak Jokowi di Kementerian BPN ini, kalau untuk jadi kandidat cawapres peluangnya ada sih," kata Kunto saat dihubungi.

Menurut Kunto, persoalan faktor elektabilitas bisa memenangkan pilpres masih belum pasti.

Dia mencontohkan saat Jokowi memilih Ma'ruf Amin yang menggantikan Mahfud MD di menit-menit terakhir saat Pilpres 2019, tetapi bisa keluar sebagai pemenang.

"Walaupun hitung-hitungan apakah cawapres harus punya elektabilitas tinggi atau tidak itu masih debatable, Pak Ma'ruf Amin contohnya walaupun gak punya elektabilitas setinggi Pak Mahfud tapi kan menang menang juga kan Pak Jokowi," tuturnya.

Kunto menilai, peluang Hadi masih perlu dipertimbangkan dan butuh dorongan elite.

Menurutnya, jika Jokowi memilih Hadi untuk maju Pilpres 2024, maka kemungkinan pasti bisa terbuka.

Pengamat politik Universitas Padjadjaran, Kunto Adi Wibowo menilai ada peluang bagi Menteri ATR/BPN Hadi Tjahjanto menjadi kandidat calon wakil presiden

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News