Menteri Johnny Dorong Kolaborasi untuk Percepat Bantuan STB

Menteri Johnny Dorong Kolaborasi untuk Percepat Bantuan STB
Menkominfo Johnny G Plate. Foto: Ricardo/JPNN.com

jpnn.com, JAKARTA - Menteri Komunikasi dan Informatika Johnny G. Plate menyatakan koordinasi antara pemerintah pusat, pemerintah daerah, dan penyelenggara multipleksing sangat dibutuhkan untuk mempercepat pelaksanaan Analog Switch Off (ASO).

“Persisnya tanggal 30 April yang lalu kami telah memulai ASO dan kami akan meneruskan secara bertahap,” kata Johnny, Jumat (3/6).

Dia meminta perusahaan penyelenggara multipleksing untuk berkoordinasi dengan pemerintah daerah dan lembaga terkait lainnya, terutama dalam distribusi bantuan Set-Top-Box (STB) bagi keluarga miskin.

Mantan legislator itu menilai koordinasi yang ketat diperlukan, salah satunya berkaitan dengan ketersediaan data penerima yang sangat krusial.

Dia meminta Sekretaris Jenderal Kementerian Dalam Negeri Suhajar Diantoro untuk membentuk tim yang akan berkoordinasi dengan penyedia STB agar distribusinya lebih cepat.

Menteri Johnny mengatakan seluruh perangkat televisi yang dimiliki masyarakat belum sepenuhnya digital.

Oleh karena itu, pemerintah mengambil kebijakan untuk menyediakan perangkat STB agar perangkat televisi analog atau tabung dapat menerima layanan siaran televisi digital.

Menurut Johnny, lembaga penyiaran seasta akan mennyediakan perangkat berjumlah sekitar 4,2 juta STB.

Menkominfo Johnny G Plate mengatakan kolaborasi penting untuk mempercepat pelaksanaan ASO.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News