Menteri LHK : Akuntabilitas Kunci Utama Good Governance

Menteri LHK : Akuntabilitas Kunci Utama Good Governance
Menteri LHK Siti Nurbaya di Rakorwas KLHK. Foto : Humas KLHK

jpnn.com, JAKARTA - Akuntabilitas menjadi kunci utama tata kelola pemerintahan yang baik (good governance).

Hal ini ditegaskan Menteri LHK, Siti Nurbaya, saat membuka Rapat Koordinasi Pengawasan (Rakorwas) Intern lingkup KLHK 2019 di Jakarta (09/04/2019), dengan tema 'Melalui pengawasan intern kita tingkatkan efektifitas penyelenggaraan Sistem Pengendalian Intern Pemerintah (SPIP) dalam mewujudkan tata kelola pemerintahan (governance) yang bersih dan melayani'.

"Akuntabilitas adalah sama dengan tanggung gugat. Tanggung gugat artinya kita bisa menjawab ketika ada sesuatu diputuskan seperti itu, atau tidak diputuskan seperti itu, dan saat ditanya atau digugat oleh publik, kita sudah bisa menjawab," jelasnya.

Dengan demikian, untuk mendukung akuntabilitas, menurut Menteri Siti, sangat penting adanya keterbukaan terkait latar belakang diambilnya suatu keputusan (arahnya apa, untuk siapa, dan gunanya apa), sehingga memudahkan untuk penjelasan.

"Ada lima unsur penting dalam good governance, yaitu voice of accountability (menangkap partisipasi orang lain), 
tidak boleh ada violence atau orang yang menderita karena keputusan yang dibuat, adanya unsur kualitas regulasi, adanya rule of law, dan yang paling penting tidak boleh ada unsur korupsi. Untuk birokrat, persoalan korupsi harus lebih sensitif, karena jika di birokrasi ada korupsi berarti ada indikasi kegagalan kita dalam menjalankan tugas," tegas Menteri Siti.

Dia juga mengingatkan, bagian terpenting dari akuntabilitas yaitu menyangkut legalitas, di mana hal-hal yang dilakukan harus memiliki integrasi dengan konstitusional atau hak-hak konstitusional, bagaimana perlindungan kepada publik dapat diberikan secara equal (setara).

Kemudian tidak boleh ada keberpihakan, bagaimana perlindungan hak-hak masyarakat dilakukan, dan yang paling penting adalah bagaimana informasi publik bisa diberikan.

Mendukung akuntabilitas, KLHK telah melakukan upaya-upaya evaluasi terhadap implementasi program pembangunan bidang LHK.

KLHK telah melakukan upaya-upaya evaluasi terhadap implementasi program pembangunan bidang LHK demi dukung akuntabilitas.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News