Menteri LHK Apresiasi Gerakan Revolusi Hijau Kalimantan Selatan

Menteri LHK Apresiasi Gerakan Revolusi Hijau Kalimantan Selatan
Menteri LHK Siti Nurbaya dan Gubernur Kalsel, Sahbirin Noor. Foto : Humas Kementan

jpnn.com, BANJARMASIN - Salah satu program andalan Provinsi Kalimantan Selatan (Kalsel) bertajuk Gerakan Revolusi Hijau mendapat apresiasi Menteri LHK, Siti Nurbaya.

Program andalan yang telah ditetapkan dengan Perda Provinsi Kalsel No.7/2008, bertujuan menggerakkan seluruh komponen rakyat di Kalsel untuk peduli lingkungan melalui penanaman pohon.

"Saya berterima kasih kepada Pak Gubernur atas revolusi hijau Kalsel, KLHK pasti dan akan terus mendukung revolusi hijau itu, beberapa dari konsepnya sedang kita ramu dan rangkum untuk kemudian sedapatnya kita akan kembangkan secara nasional, kita sedang berupaya untuk itu," ujar Menteri Siti pada saat memberikan sambutan Acara Penyerahan Tanaman Hutan Kota Kawasan Kantor Gubernur Kalsel dari Kementerian LHK kepada Pemerintah Provinsi Kalsel, (30/7).

BACA JUGA : Ada Peluang PDIP-Gerindra Bersama di Pilpres 2024

Hutan kota di Provinsi Kalsel yang diserahkan adalah Miniatur Hutan Hujan Tropika (MH2T) yang terletak di Kawasan Kantor Gubernur Kalsel.

Merujuk penyerahan tersebut Menteri Siti menjelaskan jika Pemerintah telah mengamanatkan agar setiap pemerintah daerah membangun dan menetapkan hutan kota, paling sedikit 10% (sepuluh per seratus) dari wilayah perkotaan dan atau disesuaikan dengan kondisi.

Hal ini sudah diatur oleh Peraturan Pemerintah No. 63 tahun 2002 dan Peraturan Menteri Kehutanan nomor 71 Tahun 2009 tentang Hutan Kota.

"Kementerian LHK sangat menaruh perhatian atas pembangunan hutan kota di Indonesia. Melalui dana APBN dari tahun 2015 s/d 2017 Kementerian LHK telah membangun 923 Ha. Mulai tahun 2018 kebijakan pemerintah telah memerintahkan Pemda dapat membangun hutan kota secara mandiri," tambah Menteri Siti.

Hutan kota di Provinsi Kalsel yang diserahkan adalah Miniatur Hutan Hujan Tropika (MH2T) yang terletak di Kawasan Kantor Gubernur Kalsel.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News