Menteri LHK Resmikan Pusat Rehabilitasi Harimau Sumatera Swasta Pertama

Menteri LHK Resmikan Pusat Rehabilitasi Harimau Sumatera Swasta Pertama
Koleksi Harimau Sumatra di Taman Marga Satwa Kinantan, Kota Bukittinggi. Foto: Nanda/ Padang Ekspres/JPNN.com

jpnn.com, DHARMASRAYA - Memperingati Hari Harimau Global yang jatuh setiap 29 Juli, Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan Siti Nurbaya meresmikan Pusat Rehabilitasi Harimau Sumatera Dharmasraya (PRHSD).

Berlokasi di area PT Tidar Kerinci Agung di Kabupaten Dharmasraya, Sumatera Barat dengan luas 10 hektar. PRHSD merupakan pusat rehabilitasi pertama hasil gagasan pihak swasta.

"Ini yang pertama kali saya meresmikan pusat rehabilitasi yang digagas oleh swasta," ujar Siti.

Dia menjelaskan, PRHSD adalah wujud penerapan Undang-Undang 5/1990 tentang Konservasi Sumber Daya Alam Hayati dan Ekosistem yang merupakan tanggung jawab dan kewajiban pemerintah serta masyarakat.

PT TKA sebagai unsur dari masyarakat turut serta melakukan upaya konservasi dengan membangun pusat rehabilitasi.

Selain PRHSD, diharapkan juga dapat dibangun suaka alam di berbagai daerah, khususnya di Sumbar. Sebagai bagian dari kegiatan konservasi yang penting, suaka alam bertujuan untuk melindungi flora dan fauna.

"Saya menyambut baik untuk kita mengembangkan suaka alam di Sumatera Barat," kata Siti.

Peresmian PRHSD juga bertepatan dengan rangkaian peringatan Hari Lingkungan Hidup Sedunia yang ditetapkan United Nations Environment Programme (UNEP), badan khusus PBB mengenai program lingkungan.

Memperingati Hari Harimau Global yang jatuh setiap 29 Juli, Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan Siti Nurbaya meresmikan Pusat Rehabilitasi Harimau

Sumber RMOL.co

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News