Menteri LHK Siapkan Showcase Konservasi Mangrove G20

Menteri LHK Siapkan Showcase Konservasi Mangrove G20
Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan (LHK) Siti Nurbaya melakukan pematangan rencana kesiapan showcase Konservasi Mangrove G20 tahun 2022 di Provinsi Bali, Sabtu (13/11/2021). Foto: KLHK

jpnn.com, JAKARTA - Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan (LHK) Siti Nurbaya melakukan pematangan rencana kesiapan showcase Konservasi Mangrove G20 tahun 2022 di Provinsi Bali, Sabtu  (13/11/2021).

Dalam acara itu, Menteri Siti bersama Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat Basuki Harimulyono, dan Gubernur Bali Wayan Koster beserta jajaran teknis, para pejabat Eselon I dan akademisi.

Menteri Siti dan Menteri Basuki menyampaikan amanat dari Presiden Joko Widodo untuk terus mengupayakan secara masif rehabilitasi dan konservasi mangrove.

“Mangrove merupakan salah satu simbol dari perbaikan pemulihan lingkungan, yang menjadi prioritas pemerintah beriringan dengan pembangunan nasional. Indonesia bekerja serius dalam upaya pemulihan lingkungan termasuk mangrove,” ungkap Menteri Siti.

“Showcase mangrove untuk agenda G20 merupakan penegasan kepada semua pihak dan dunia bahwa aktualisasi walk the talk atau bukti bahwa kerja pemulihan secara konkret  dilaksanakan di Indonesia,” lanjutnya.

Hadir dalam rapat selain Menteri LHK Siti Nurbaya, Menteri PUPR Basuki Hadimuljono, Kepala Badan Restorasi Gambut dan Mangrove (BRGM) Hartono, Gubernur Bali Wayan Koster, Duta Besar dan utusan tetap Indonesia untuk PBB Dian Triansyah.

Hadir juga para pejabat dari Kementerian LHK dan Kementerian PUPR, perwakilan dari Kementerian Sekretariat Negara, Kementerian Kelautan dan Perikanan serta para ahli mangrove dan penasihat senior menteri LHK dan staf khusus Menteri, juga Dirut Jasa Marga dan unsur-unsur profesional perencanaan dan akademisi serta aktivis dan pejabat Pemda Provinsi Bali.

Rapat dilanjutkan dengan peninjauan lapangan terutama kawasan Mangrove Conservation Forest di Taman Hutan Raya Ngurah Rai dan kompleks persemaian DAS dan Balai Penelitian Keramik BPPT yang berada dalam satu kompleks, untuk mendalami situasi kompleks serta kemungkinan spot-spot yang akan menjadi titik perhatian atau reference point dalam acara-acara pada kegiatan yang penting sebagai showcase KTT G20 yang khusus dengan pesan lingkungan yang sangat kuat.

Menteri LHK Siti Nurbaya melakukan pematangan rencana kesiapan showcase Konservasi Mangrove G20 tahun 2022 di Provinsi Bali, Sabtu (13/11/2021).

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News