Menteri LHK Siti Nurbaya Mengajak Pemda Berkolaborasi Kurangi Emisi Gas Rumah Kaca

Menteri LHK Siti Nurbaya Mengajak Pemda Berkolaborasi Kurangi Emisi Gas Rumah Kaca
Siluet Menteri LHK Siti Nurbaya Bakar saat rapat kerja teknis nasional tentang pengendalian perubahan iklim di Hotel Grand Sahid Jaya, Jakarta Pusat, Rabu (1/3/2023). Foto: ANTARA/Sugiharto Purnama

jpnn.com - JAKARTA - Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan (LHK) Siti Nurbaya Bakar menghadiri rapat kerja teknis nasional tentang pengendalian perubahan iklim di Hotel Grand Sahid Jaya, Jakarta Pusat, Rabu (1/3).

Rapat juga dihadiri pejabat Kementerian Pertanian, Kementerian ESDM, Kementerian Dalam Negeri, dan dinas provinsi yang membidangi urusan kehutanan dan lingkungan hidup.

Pada kesempatan tersebut, Menteri LHK Siti Nurbaya mengajak seluruh pemerintah daerah untuk berkolaborasi mengurangi emisi gas rumah kaca dan meningkatkan ketahanan iklim di Indonesia.

"Saya mengajak untuk bersama-sama bersinergi dan berkolaborasi mencapai tujuan nasional kita dengan mengurangi emisi gas rumah kaca dan meningkatkan ketahanan iklim dalam menyejahterakan kehidupan negara dan masyarakat," ujar Siti Nurbaya.

Menteri Siti berharap pemerintah daerah untuk selalu berhati-hati agar perdagangan karbon yang dilakukan sesuai dengan peraturan dan mendahulukan upaya pengurangan emisi gas rumah kaca secara langsung serta tidak menjadi alat greenwashing.

Dijelaskan bahwa KLHK mendorong agar potensi reduksi emisi dari deforestasi dan degradasi hutan (REDD+) dari seluruh wilayah hutan Indonesia dimaksimalkan untuk mendapatkan insentif, memperkuat enabling condition, dan mencegah perpindahan unit karbon ke luar negeri.

Langkah itu bertujuan agar Indonesia bisa mencapai target kontribusi yang ditetapkan secara nasional atau nationally determined contribution (NDC) dan FOLU Net Sink pada tahun 2030.

NDC merupakan dokumen yang memuat rencana aksi iklim untuk mengurangi emisi gas rumah kaca dan adaptasi terhadap dampak perubahan iklim.

Menteri LHK Siti Nurbaya mengajak seluruh pemda berkolaborasi mengurangi emisi gas rumah kaca dan meningkatkan ketahanan iklim di Indonesia.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News