Menteri Lukman: Syukuri Tambahan Kuota Haji

Menteri Lukman: Syukuri Tambahan Kuota Haji
Menteri Agama Lukman Hakim Saifuddin. FOTO: Dok. JPNN.com

jpnn.com - jpnn.com - Kuota haji untuk jemaah Indonesia yang sudah disetujui pemerintah RI dengan Kerajaan Arab Saudi untuk tahun 2017 adalah 221 ribu jiwa. Jumlah itu termasuk tambahan 10 ribu untuk tahun ini.

Menteri Agama Lukman Hakim Saifuddin menjelaskan, memorandum of understanding Menteri Agama RI dengan Menteri Haji Kerajaan Arab Saudi 4 Januari 2017, menyepakati berbagai hal. Hasil kesepakatan yang dicapai dan dituangkan dalam MoU adalah kuota jemaah haji Indonesia untuk 1438 Hijriah atau 2017 Masehi kembali normal sebanyak 211 ribu.

"Bahkan ditambah 10 ribu sehingga menjadi 221 ribu," ungkap Lukman di gedung DPD, Senayan, Jakarta, Senin (27/2).

Dia menjelaskan, dari jumlah itu, 204 ribu di antaranya merupakan kuota untuk jemaah haji reguler. Sedangkan 17 ribu sisanya untuk jemaah haji khusus.

Lukman mengatakan, tidak ada satu pun negara di dunia yang mendapatkan tambahan kuota haji selain Indonesia. "Jadi kita harus syukuri dulu penambahan kuota itu," ujar dia. (boy/jpnn)


Kuota haji untuk jemaah Indonesia yang sudah disetujui pemerintah RI dengan Kerajaan Arab Saudi untuk tahun 2017 adalah 221 ribu jiwa. Jumlah itu


Redaktur & Reporter : Boy

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News