Menteri Pertanian: Lahan untuk Petani!

Menteri Pertanian: Lahan untuk Petani!
Area Perkebunan Sawit Burau Luwu Timur (PTPN XIV), Sulawesi Selatan, 26 April 2017. Potret ini diambil dari heli yang membawa Menteri Pertanian Amran Sulaiman. Foto: Dok. Kementan.

jpnn.com, LUWU TIMUR - Menteri Pertanian RI Andi Amran Sulaiman menyeru seluruh pengusaha sawit agar memberikan 20 persen dari total lahannya kepada petani.

"Masyarakat petani ini kekuatan kita. Kalau mereka kehidupannya sulit, kita juga sulit," katanya saat kunjungan lapangan di Perkebunan Sawit Burau Luwu Timur (PTPN XIV), Sulawesi Selatan, Rabu, 26 April 2017.

Menurut dia, 20 persen lahan yang diberikan kepada masyarakat sekitar (petani plasma) akan meningkatkan kesejahteraan.

Seruan itu, sebagaimana disampaikan Menteri Amran, juga merupakan perintah Presiden Joko Widodo.

"Jadi, kalau mereka di situ ikut berplasma…bekerja, tentu memprotek tempat kerjanya. Nah, justru petani-petani ini melindungi perusahaan itu. Jangan nanti terjadi masalah lagi, baru kita diskusikan lagi," katanya.

Untuk ini, Menteri Pertanian sudah mengarahkan Dirjen Perkebunan merundingkannya dengan para pengusaha sawit. Rapat pun sudah dilakukan beberapa kali.

Meski belum sepenuhnya terlaksana, "pada prinsipnya tak ada masalah," ujarnya.

Dalam rangkaian kunjungan lapangannya beberapa hari di Sulawesi, Menteri Pertanian Andi Amran Sulaiman sempat bermalam di mess Perkebunan Sawit Burau Luwu Timur (PTPN XIV), Sulawesi Selatan, 25 April 2017.

Menteri Pertanian RI Andi Amran Sulaiman menyeru seluruh pengusaha sawit agar memberikan 20 persen dari total lahannya kepada petani.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News