Menteri Pertanian Tinjau Persiapan Pelaksanaan Penas di Padang

Menteri Pertanian Tinjau Persiapan Pelaksanaan Penas di Padang
Menteri Pertanian Syahrul Yasin Limpo (tengah) bersama Kepala BKSDMP Dedi Nursyamsi (kiri) meninjau persiapan pelaksanaan Penas di Padang, Sumatera Barat. Foto: Kementan

jpnn.com, PADANG - Menteri Pertanian (Mentan) Syahrul Yasin Limpo memastikan kesiapan Sumatera Barat dalam menyelenggarakan Pekan Nasional (Penas) XVI Petani dan Nelayan.

Acara yang rencana akan dibuka oleh Presiden Joko Widodo ini dipusatkan di Lanud Sutan Sjahrir Tabing berlokasi sekitar 10 kilometer dari pusat kota Padang dengan luas area 84,20 hektare.

Seusai meninjau sejumlah titik lokasi penyelenggaraan Penas, Mentan menekankan bahwa Penas kali ini memiliki nilai lebih dan berbeda.

Dia menyebut acara ini akan menghasilkan sejumlah rekomendasi terkait ketahanan pangan di Indonesia.

Rekomendasi ini nantinya akan melibatkan semua Kabupaten/Kota dan Provinsi bersama Kontak Tani Nelayan Andalan (KTNA).

“Saya berharap, Penas di Padang ini akan menjadi momentum menghadirkan rekomendasi KTNA disini bersama semua Kabupaten dan Provinsi untuk menciptakan lumbung pangan di wilayahnya masing-masing,” terang Mentan Syahrul saat konferensi pers didampingi Gubernur Sumatera Barat, Wali Kota Padang, dan Ketua KTNA.

Dia menekankan puluhan ribu peserta yang telah terdaftar dan diperkirakan hadir pada 10-15 Juni mendatang harus mendapat berbagai edukasi yang dapat diadopsi dan implementasikan untuk pembangunan pertanian didaerahnya. Termasuk mempelajari berbagai jenis inovasi dan teknologi pertanian menghadapi tantangan iklim yang semakin ekstrem ke depan.

“Penas ini bukan cuma ajang pameran, disini ajang komunikasi kita, jadi nanti akan ditampilkan berbagai pengetahuan, teknologi, bagaimana mengangkat kearifan lokal, bagaimana menjaga tanaman disaat kemarau, termasuk beberapa varietas yang tahan akan cuaca tertentu,” beber Mentan.

Menteri Pertanian Syahrul Yasin Limpo memastikan kesiapan Sumbar dalam menyelenggarakan Pekan Nasional (Penas) XVI Petani dan Nelayan.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News