Menteri Rini Bikin Konsorsium BUMN, Ada Apa Nih?

Menteri Rini Bikin Konsorsium BUMN, Ada Apa Nih?
jpnn

jpnn.com - JAKARTA - Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Rini Soemarno tetap ngotot melanjutkan proyek kereta cepat Jakarta-Bandung. Untuk menyukseskan proyek tersebut, Rini membuat konsorsium BUMN yang terdiri dari empat perusahaan pelat merah. 

"Pada kesempatan ini kami akan buat konsorsium perusahaan patungan yaitu Wijaya Karya (Wika), Jasa Marga, PT KAI, dan PTPN VIII," ujar Rini saat menggelar jumpa pers di kantornya, Jakarta, Jumat (4/9).

Untuk pendanaan Rini berharap ada beberapa investor luar yang bisa berpartisipasi. Namun, dia memastikan, pemerintah tidak mengelontorkan dana sepersen pun baik dari APBN maupun Penyertaan Modal Negara (PMN).

"Pendanaannya kami harapkan dari beberapa pihak, terutama dari beberapa investor luar. Ini tentunya pinjaman jangka panjang. Ini proyek yang kami harapkan ada kembaliannya. Jadi ini pyur bisnis hitung-hitungannya," terang Rini.

Mantan bos PT Astra ini menargetkan proyek tersebut bisa mulai dikerjakan tahun ini. Karena itu, pihaknya meminta perusahaan pelat merah yang terkait untuk sama-sama lembur kerja menghitung secara detail proyek tersebut.

"Waktunya kami harapkan nggak lama, kalau bisa tahun ini dibangun. Kami lembur semua, karena kami harus bener-bener hitung," ujar Rini. (chi/jpnn)

 

 


JAKARTA - Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Rini Soemarno tetap ngotot melanjutkan proyek kereta cepat Jakarta-Bandung. Untuk menyukseskan


Redaktur & Reporter : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News