Menteri Rini Dukung Ekspor Langsung Balikpapan - Shanghai

Menteri Rini Dukung Ekspor Langsung Balikpapan - Shanghai
Menteri BUMN, Rini Soemarno. Foto: jawapos/gpp

jpnn.com, BALIKPAPAN - Menteri BUMN Rini Soemarno mendukung program Direct Call Pelindo IV yang bisa menghemat biaya logistik lebih dari 50 persen.

Kini, PT Pelabuhan Indonesia IV kembali memperluas pelayanan ekspor langsung atau internasional direct call, rute Balikpapan - Shanghai, melalui terminal petikemas milik PT Kaltim Kariangau Terminal (anak perusahaan Pelindo IV), Senin (9/4).

"Momen ini merupakan bentuk kehadiran BUMN untuk negeri yang menjadi pilar utama meningkatkan kesejahteraan masyarakat maupun pertumbuhan ekonomi daerah Kalimantan Timur," kata Rini dalam sambutan tertulis saat peresmian ekspor langsung di Terminal Petikemas PT KKT, Balikpapan.

Rini meminta Pelindo IV terus menjaga komitmennya dalam pelayanan publik yang sangat berdampak pada penurunan harga logistik, efisiensi waktu, hingga dapat menumbuhkan ekonomi daerah dan nasional.

Pemerintah daerah diharapkan bersama-sama mensukseskan program ini dan bisa berkesinambungan serta terjadi peningkatan dari tahun ke tahun.

Sementara, Dirut Pelindo IV Doso Agung mengatakan perseroan juga telah melaksanakan direct call pada sejumlah pelabuhan yang dikelolanya seperti Pelabuhan Makassar, Pelabuhan Sorong, dan Pelabuhan Bitung merupakan bagian dari program 'International Direct Call' yang sudah dicanangkan perseroan sejak 5 Desember 2015.

"Ini adalah langkah nyata Pelindo IV selaku BUMN dalam upaya peningkatan ekonomi, peningkatan ekspor dari Kawasan Indonesia Timur," tutur Doso.

Doso menyebut, ekspor langsung perdana dari Balikpapan ini dilakukan pihaknya bekerjasama dengan perusahaan pelayaran asal Hongkong, SITC, menggunakan kapal MV Meratus Tomini dengan rute pelayaran Balikpapan langsung menuju ke Shanghai, China.

PT Pelabuhan Indonesia IV kembali memperluas pelayanan ekspor langsung atau internasional direct call, rute Balikpapan - Shanghai, melalui terminal petikemas.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News