Menteri Rini Ungkap Kinerja BUMN Selama 4 Tahun Terakhir

Menteri Rini Ungkap Kinerja BUMN Selama 4 Tahun Terakhir
Menteri BUMN Rini Soemarno (tengah barisan depan) saat hadir dalam acara BUMN Great Leaders Camp pada 10-12 Maret 2019 di Sespim Lembaga Pendidikan dan Pelatihan (Lemdiklat) POLRI Lembang, Jawa Barat. Foto dok FHCI

jpnn.com, LEMBANG - Kementerian Badan Usaha Milik Negara (BUMN) bekerjasama dengan Forum Human Capital Indonesia (FHCI) menyelenggarakan kegiatan BUMN Great Leaders Camp pada 10-12 Maret 2019 di Sespim Lembaga Pendidikan dan Pelatihan (Lemdiklat) POLRI Lembang, Jawa Barat. 

Kegiatan ini diikuti 177 peserta, yang terdiri dari Direktur Utama dan Wakil Direktur Utama BUMN, serta para Pejabat Eselon I dan II Kementerian BUMN.

Dengan tema “Membangun Bangsa Melalui Penguatan Sinergi dan Soliditas BUMN”, kegiatan ini bertujuan untuk meningkatkan wawasan kebangsaan, ketahanan nasional dan keunggulan BUMN di kancah global melalui penguatan sinergi dan soliditas BUMN.

Menteri BUMN Rini M. Soemarno menegaskan hasil kerja nyata seluruh BUMN yang sudah dicapai dan dapat dirasakan seluruh masyarakat Indonesia selama 4 tahun terakhir ini, tidak lepas dari sinergi semangat membangun negeri. 

Kondisi BUMN selama empat tahun terakhir diyakini semakin kuat dan kokoh seiring dengan kinerja yang terus bertumbuh sebagaimana laporan kinerja BUMN sepanjang 2018. 

Sampai dengan 31 Desember 2018, total aset BUMN telah menembus angka Rp 8.092 triliun, naik signifikan dari capaian 2015 lalu sebesar Rp 5.760 triliun dengan total laba yang terus bertumbuh mencapai Rp 188 triliun dari sebelumnya Rp 150 triliun pada 2015.

Kontribusi BUMN terhadap APBN pun melonjak menjadi Rp 422 triliun, naik Rp 119 triliun jika dibandingkan 2015 yang tercatat Rp 303 triliun. 

Besarnya kontribusi BUMN dalam pembangunan infrastruktur terlihat dari capex BUMN yang meningkat sepanjang 2018 yakni Rp 487 triliun, meningkat dari sebelumnya Rp 221 triliun pada 2015 dengan tetap didominasi oleh sektor infrastruktur.

Kegiatan ini diikuti 177 peserta yang terdiri dari Direktur Utama dan Wakil Direktur Utama BUMN, serta para Pejabat Eselon I dan II Kementerian BUMN.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News