Menteri Siti Berkomitmen Jadikan ASN KLHK Sebagai SDM Unggul

Menteri Siti Berkomitmen Jadikan ASN KLHK Sebagai SDM Unggul
Presiden Joko Widodo (kiri) dan Menteri Siti Nurbaya (tengah). Foto: KLHK

jpnn.com, JAKARTA - Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan (LHK) Siti Nurbaya mengatakan, saat ini aparatur sipil negara (ASN) lingkup KLHK semakin matang dalam berbirokrasi dan mampu menjadi sumber daya manusia (SDM) unggul yang siap menyukseskan visi Indonesia Maju.

Komitmen ini disampaikan Menteri Siti saat menggelar pembinaan pegawai dengan tema “Demokrasi, Konstitusi, Kebijakan Nasional, dan Peran Birokrasi KLHK” di Jakarta, Selasa (20/8).

"Sebagaimana pidato kenegaraan Presiden Joko Widodo, kita membutuhkan SDM yang unggul yang berhati Indonesia, berideologi Pancasila. Kita butuh SDM unggul yang terus belajar, bekerja keras, berdedikasi, termasuk di lingkungan birokrasi. Saya yakin ASN KLHK termasuk SDM unggul yang siap mewujudkan Indonesia Maju,” ujar Siti.

Menteri Siti berpendapat, keberhasilan sebuah birokrasi pemerintahan membutuhkan karakter SDM yang tepat. “Seorang ASN perlu memahami bagaimana beraktualisasi dalam sebuah demokrasi, mengerti konstitusionalitas dan prosedur kepemerintahan, memiliki wawasan kebangsaan dan wawasan nusantara, serta menerapkan elemen-elemen pokok dalam kepemerintahan,” sambung Menteri Siti.

Salah satu lulusan IPB ini menambahkan, paradigma baru pelayanan publik haruslah memperhatikan pelayanan kepada masyarakat sebagai warga negara, bukan sebagai pelanggan. Implementasi reformasi birokrasi harus mengutamakan kepentingan umum, mengikut sertakan warga masyarakat dalam program-program pemerintah, berfikir strategis dan bertindak demokratis, serta tetap memperhatikan norma, nilai, dan standar yang ada.

Lebih lanjut Menteri Siti menerangkan, birokrasi memiliki peran strategis dalam mewujudkan visi dan misi sebuah bangsa. Birokrasi berperan dalam merumuskan kebijakan negara melalui peran regulasi agar terwujud keamanan, ketertiban, keteraturan, kedamaian, dan keadilan dalam masyarakat.

Birokrasi juga berperan dalam pemberdayaan warga masyarakat yang kurang mampu secara ekonomi melalui pembangunan di berbagai bidang/sektor, sekaligus sebagai pengayoman dan perlindungan warga masyarakat dari berbagai gangguan.

“Oleh karena itu, agar dapat melaksanakan peran birokrasi dengan baik, ASN haruslah memiliki kompetensi yang dibutuhkan. Kompetensi itu meliputi skill (keterampilan), pengetahuan dan kualifikasi teknis untuk sebuah peran, serta juga memiliki kompetensi perilaku, karakteristik, dan sikap personal yang mampu mendorong kinerja dalam setiap pekerjaan yang diberikan,” tandas Menteri Siti. (cuy/jpnn)


Birokrasi juga berperan dalam pemberdayaan warga masyarakat yang kurang mampu secara ekonomi melalui pembangunan di berbagai bidang/sektor, sekaligus sebagai pengayoman dan perlindungan warga masyarakat dari berbagai gangguan.


Redaktur & Reporter : Elfany Kurniawan

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News