Menteri Siti Dukung Pemberdayaan Perempuan Indonesia

Menteri Siti Dukung Pemberdayaan Perempuan Indonesia
Siti Nurbaya. Foto: dok/JPNN.com

jpnn.com, PANGKAL PINANG - Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan (LHK) Siti Nurbaya menghadiri talkshow dalam Rapat Koordinasi Nasional (Rakornas PPPA) di Pangkal Pinang, Bangka Belitung, Kamis (1/3).

Bersama dengan Menteri PPPA, Yohana Susana Yembise, Menteri Siti menyampaikan apresiasinya atas kemajuan yang telah dicapai oleh para perempuan di Indonesia, khususnya dalam berkiprah di bidang birokrasi dan legislatif.

Perempuan di Indonesia sudah cukup maju, dalam pandangan internasional, sehingga hal ini merupakan satu komitmen besar bagi perempuan untuk bergandeng tangan ke arah yang lebih baik lagi.

Menurut Menteri Siti, kaum perempuan memiliki perasaan memikirkan posisi orang lain (empati) yang tinggi, sehingga hal ini menjadi keunggulan perempuan dibanding laki-laki dalam mengambil keputusan.

"Perempuan memiliki ciri akunya kamu lebih besar dan berfikir holistik, sehingga pertimbangannya banyak. Sesuai perannya, perempuan menjadi bagian yang mengakomodasi segala kepentingan masyarakat. Jadi baik di posisi legislatif maupun birokratif, perempuan itu hebat," tuturnya bangga.

Menteri Siti juga menyatakan bahwa dalam berkarier, seorang perempuan harus memiliki strategi untuk lebih maju. "Perempuan harus berbagi, tidak boleh sombong, dan jika ada ide dan gagasan harus disampaikan," lanjutnya.

Seiring perkembangan, Menteri Siti mengimbau agar kaum perempuan juga tidak hanya berdiam diri, namun harus banyak belajar. "Harus think ahead, think over, dan think accross. Terutama think accross, yaitu membandingkan beberapa hal, menjadi sangat penting untuk pembelajaran dan penyelesaian masalah," tegasnya.

Kepada para perempuan yang bekerja di birokrasi, Menteri Siti berpesan agar selalu memelihara sinergi dengan berbagai pihak.

Menteri LHK Siti Nurbaya juga mendorong semua pemangku kepentingan publik untuk memperkuat kebijakan perlindungan anak.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News