Menteri Siti: Ini Data Kasus Kebakaran Hutan dan Lahan

Menteri Siti: Ini Data Kasus Kebakaran Hutan dan Lahan
Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan (LHK) Siti Nurbaya. FOTO: JPNN.com

JAKARTA - Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan (LHK) Siti Nurbaya membeberkan penegakan hukum kasus kebakaran hutan dan lahan (Karhutla) di area konsesi yang ditangani Polri maupun Penyidik Pegawai Negeri Sipil (PPNS) Kementerian LHK di Sumatera dan Kalimantan.

Menurut Siti, di Riau terdapat 37 kasus, Sumatera Selatan 16 kasus diantaranya penyelidikan di area konsesi 5 kasus dan 4 kasus di area HTI (Hutan Tanaman Industri). Lalu di Kalimantan Barat ada 11 kasus dan Kalimantan Tengah 121 kasus.

“Ini (data) yang di Polri,” kata Siti dalam Rapat Kerja dengan Komisi IV DPR RI, Rabu (16/9).

Selain itu, lanjut Siti Nurbaya, Kementerian LHK melalui PPNS juga menangani indikasi kebakaran di area konsesi yang digarap perusahaan. Di Riau ada 31 kasus atau yang dijadikan objek penyelidikan. Sebanyak 11 kasus diantaranya merupakan kebun pelepasan kawasan.

“Kemudian di Jambi belum dicek, Sumsel ada 14 kasus area konsesi yang usahanya sawit, akasia dan semak belukar. Di Kalbar 4 kasus dan Kalteng 7 kasus,” kata Siti Nurbaya.

Hingga saat ini, Pusat Krisis Kesehatan mencatat sekitar 21 ribu penduduk di Riau menderita ISPA, di Jambi 39 ribu, Sumsel 10 ribu, Kalbar 2.800, Kalteng 4.900 dan Kalsel 11.800 jiwa.(fat/jpnn)

JAKARTA - Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan (LHK) Siti Nurbaya membeberkan penegakan hukum kasus kebakaran hutan dan lahan (Karhutla) di area


Redaktur & Reporter : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News