Menteri Siti Mengajak Melihat Manfaat Air dalam Dimensi Lebih Luas

Memperingati Hari Air Sedunia

Menteri Siti Mengajak Melihat Manfaat Air dalam Dimensi Lebih Luas
Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan (LHK) Siti Nurbaya bersama masyarakat dan komunitas Gerakan Ciliwung Bersih (GCB) memperingati Hari Air Sedunia tahun 2021 di Jakarta, Jumat (27/3).Foto: KLHK.

jpnn.com, JAKARTA - Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan (LHK) Siti Nurbaya bersama masyarakat dan komunitas Gerakan Ciliwung Bersih (GCB) memperingati Hari Air Sedunia tahun 2021 di Jakarta, Jumat (27/3).

Peringatan Hari Air Sedunia kali ini digelar di lokasi dekat badan Sungai Ciliwung tempat Komunitas GCB bekerja, dengan mematuhi protokol kesehatan untuk mencegah penyebaran Covid-19.

Menteri Siti mengajak semua pihak untuk melihat peran air dalam dimensi yang luas. Menurutnya, nilai air sangat penting terhadap lingkungan dan kehidupan makhluk hidup.

"Air bernilai untuk tanaman, suplai minuman bagi manusia, kebutuhan industri, Air juga bernilai untuk energi seperti listrik, rekreasi, dan air berperan untuk politik batas wilayah bukan hanya negara tetapi juga kecamatan, hingga akhirnya air juga sangat penting untuk mitigasi iklim," kata Menteri Siti dalam sambutannya.

Menteri Siti berterima kasih kepada para komunitas pelestari lingkungan seperti GCB di Sungai Ciliwung yang telah bekerja secara nyata melestarikan sumber air.

Menteri Siti menerangkan pada 2019, sungai dengan status kelas 2 di Indonesia berdasarkan PP 82/2001 sebanyak 5,11 persen, dan pada 2020 naik menjadi 9,36 persen.

Pencemaran berat di sungai berhasil ditekan hingga turun dari 53,28 persen pada 2019, menjadi 42,59 persen di 2020.

Menurutnya, hal tersebut dapat tercapai berkat kerja keras semua pemangku kepentingan bersama masyarakat, komunitas peduli sungai, termasuk pelaku usaha.

Menteri LHK Siti Nurbaya mengajak semua pihak untuk melihat peran air dalam dimensi yang luas. Menurutnya, nilai air sangat penting terhadap lingkungan dan kehidupan makhluk hidup.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News