JPNN.com

Menteri Siti Nurbaya Beber 6 Isu Utama Program KLHK

Senin, 17 Februari 2020 – 16:58 WIB Menteri Siti Nurbaya Beber 6 Isu Utama Program KLHK - JPNN.com
Menteri LHK Siti Nurbaya Bakar dan jajarannya saat rapat di Komite II DPD, Senin (17/2). Foto: M Fathra Nazrul Islam/JPNN

jpnn.com, JAKARTA - Komite II DPD (Dewan Perwakilan Daerah) membahas program kerja Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan dengan Menteri LHK Siti Nurbaya Bakar, di Senayan, Jakarta, Senin (17/2).

Rapat yang dipimpin Wakil Ketua Komite II DPD Bustami Zainudin, dihadiri oleh pimpinan lainnya, seperti Hasan Basri, Abdullah Puteh, dan Ketua Komite II Yorrys Raweyai.

Sedangkan Menteri LHK Siti Nurbaya didampingi Sekjen Bambang Hendroyono dan para dirjen.

"Program KLHK tidak lepas dari rencana kerja pemerintah untuk meningkatkan SDM dan berharap anggaran KLHK dapat tepat dengan tujuannya. Kami ingin mengetahui program dan anggaran yang berkaitan dengan daerah," ucap Bustami mengawali rapat kerja tersebut.

Di antara program yang ingin diketahui Komite II DPD seperti masalah gambut, pengurangan emisi karbon, peningkatan transportasi ramah lingkungan, dukungan terhadap energi baru terbarukan (EBT), penegakan hukum, hingga rehabilitasi lingkungan.

Dalam forum itu, Siti Nurbaya mengawali paparan dengan menyampaikan arah pembangunan KLHK yang sudah ditetapkan dalam RKP Tahun 2020, yang meliputi enam isu utama.

Pertama, memperkuat ekonomi nasional, investasi dan ekspor melalui deregulasi perizinan yang menghambat. Kemudian pemberian insentif hingga kepastian hukum.

Kedua, melakukan pengentasan kemiskinan melalui perhutanan sosial, TORA (Tanah Obyek Reforma Agraria) dan pendampingan usaha pada kelompok masyarakat dan kelompok tani hutan mandiri.

SPONSORED CONTENT

loading...
loading...