JPNN.com

Menteri Susi Kembali Tenggelamkan 40 Kapal Pencuri Ikan

Selasa, 08 Oktober 2019 – 20:51 WIB Menteri Susi Kembali Tenggelamkan 40 Kapal Pencuri Ikan - JPNN.com
Tim gabungan dari TNI AL dan Kementerian Kelautan menyaksikan dari dekat kapal ikan Vietnam yang sengaja ditenggelamkan karena mencuri ikan di perairan Natuna, beberapa waktu lalu. Foto: Aulia Rahman/batampos.co.id

jpnn.com, BATAM - Menteri Kelautan dan Perikanan Susi Pudjiastuti kembali menenggelamkan 40 unit kapal ikan asing pelaku illegal fishing di sejumlah wilayah.

Penenggelaman dilakukan dalam dua gelombang. Gelombang pertama dilakukan di Perairan Pulau Datuk, Mempawah, Kalimantan Barat, Minggu (6/10/2019).

Delapan belas kapal ilegal asing berhasil ditenggelamkan. Sisanya, dilakukan pada gelombang kedua kemarin (7/10/2019) di sejumlah titik.

Tiga di Perairan Sambas, enam kapal di Belawan, enam kapal di Batam, dan di Natuna tujuh kapal.

Adapun dari jumlah tersebut didominasi oleh kapal asal Vietnam sebanyak 26 kapal, Malaysia 11 kapal, Thailand satu kapal, dan Tiongkok dua kapal.

Penenggelaman dipimpin Susi selaku Komandan Satgas 115. Dalam pernyataan resminya kemarin (7/10/2019), Susi mengatakan, aksi pemusnahan ini merupakan kelanjutan dari sebelumnya.

Pada tanggal 4 Oktober 2019, sebanyak tiga kapal telah dimusnahkan di Sambas, Kalimantan Barat dengan cara dihancurkan dan mesinnya ditenggelamkan.

Hal ini karena ketiga kapal asing berbendera Vietnam tersebut sudah rusak, sehingga tidak memungkinkan untuk ditenggelamkan.

SPONSORED CONTENT

loading...
loading...