Menteri Susi Soroti Penguatan Modal dan Pemasaran

Menteri Susi Soroti Penguatan Modal dan Pemasaran
Menteri Kelautan dan Perikanan Susi Pudjiastuti. Foto dok Humas KKP

jpnn.com, PAPUA - Kementerian Kelautan dan Perikanan (KKP) konsisten meningkatkan kecukupan gizi dan mendorong perekonomian masyarakat di Provinsi Papua.

Pembangunan sektor kelautan dan perikanan Papua ini telah menunjukkan hasil. Menurut Pjs Gubernur Papua Soedarmo, pada periode 2013-2017 capaian pembangunan mengalami peningkatan, terutama sektor produksi perikanan budidaya yang tumbuh sebesar 1,09 persen dengan luas lahan sebesar 1,02 persen dan jumlah pembudidaya sebanyak 2,5 persen.

“Pengembangan perikanan budidaya tersebar di 29 kabupaten/kota berbasis pada lima wilayah adat,” ungkap Soedarmo.

Tidak hanya fokus terhadap persoalan produksi, Menteri Susi KKP juga menyoroti pentingnya penguatan permodalan dan persoalan pemasaran. Untuk kedua hal ini, dia menegaskan kesiapan KKP untuk bekerja sama dengan Pemda setempat.

“Pemda harus membantu dalam pemasaran produk kelautan dan perikanan. KKP itu memiliki BLU (Badan Layanan Usaha), silakan ajukan jika ingin mengajukan peminjaman modal,” ungkapnya.

Terkait perikanan tangkap, Susi berharap agar ikan hasil tangkapan di perairan Papua didaratkan dulu di Papua, selanjutnya dilakukan penimbangan dan dipungut retribusinya sebelum ikan tersebut dikirim keluar dari Papua.(chi/jpnn)


Susi Pudjiastuti juga menegaskan kesiapan KKP untuk bekerja sama dengan Pemda setempat.


Redaktur & Reporter : Yessy

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News